Sukses

Platform Baru Honda Siap dalam Empat Tahun

Liputan6.com, Delhi - Honda sedang mengembangkan platform baru untuk mobil yang akan dijual di pasar global. Platform baru ini bisa digunakan dalam membangun mobil premium, sedan, atau sport utility vehicle (SUV) di masa depan.

Honda Chief Operating Officer for the Asia and Oceania region, Noriake Abe, mengatakan bahwa platform baru ini akan dikembangkan bersama dengan tim dari India, Thailand, Brasil, dan Jepang. Platform-nya akan selesai dalam beberapa tahun ke depan.

"Platform baru akan siap dalam tiga atau empat tahun ke depan," ujarnya, di sela peluncuran Honda WR-V di India, dikutip dari NDTV.com.

Untuk diketahui, platform mobil sederhananya merupakan kesatuan set desain, teknik, produksi, serta komponen utama yang biasa dipakai dalam perakitan beberapa model sekaligus. Beberapa komponen kunci dalam platform adalah bagian dasar dari bodi monokok, jarak sumbu roda, mekanisme kemudi, dan suspensi.

Satu platform memang bisa dipakai dalam beragam jenis mobil, termasuk mobil-mobil yang berbeda segmen. Dengan adanya platform ini, pabrikan bisa mengembangkan kendaraan baru dengan lebih efisien karena biaya riset bisa ditekan sedemikian rupa.

Satu platform Honda yang sudah terkenal dinamakan Global Small Car Honda Platform. Ia pertama diterapkan pada Jazz, lalu kemudian City, Freed, Brio, HR-V, dan BR-V. Ini baru di Indonesia saja, belum model-model untuk pasar luar negeri.

Menariknya, Abe mengatakan bahwa fokusnya nanti di India. Pasalnya, di negara ini penjualan Honda cukup keteteran dengan kuatnya dominasi Suzuki. Namun, Abe menggarisbawahi jika "mobil yang diajukan akan untuk pasar ASEAN, India, serta Amerika Selatan." Artinya, bisa jadi Indonesia termasuk di dalamnya.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Duo Pembalap MotoGP Jajal Kasta Terendah Suzuki GSX-R