Sukses

Menengok Sejarah Grill Ginjal Khas BMW

Liputan6.com, Munich - Salah satu desain paling ikonik dalam sejarah industri otomotif dunia adalah kidney grille milik BMW. Sementara pabrikan lain, misalnya pabrikan-pabrikan Jepang, baru sibuk menerapkan "bahasa desain" pada semua modelnya. BMW telah menggunakan itu berpuluh tahun lalu.

Kidney grille, atau double kidney, atau yang di Indonesia dikenal dengan nama ginjal ganda, adalah grill dua buah yang terpisah dengan corak garis. Sebelumnya garisnya memanjang, namun saat ini garisnya lurus ke samping.

Dengan desain ini, meski orang tidak tahu apapun tentang otomotif, namun jika melihat grillnya saja, akan sudah mengenal bahwa itu adalah mobil BMW. Gampang diketahui dan diingat, itulah yang ingin dicapai oleh pabrikan lain, sebut saja Mitsubishi dengan Dynamic Shield-nya, atau KIA dengan bahasa desain Tiger Nose.

Selain desain khas, double kidney BMW juga berfungsi layaknya grill pada umumnya. Ia berguna sebagai saluran udara, yang turut membantu mendinginkan suhu mesin.

Adalah BMW 3030, yang pertama kali dibuat pada 1933, mobil pertama dengan desain grill ginjal. Saat itu grillnya tidak seperti sekarang. Ia sangat besar dengan bentuk yang meninggi, diapit oleh dua lampu utama berbentuk bulat.

Orang yang berada di balik desain grill ginjal itu adalah Franz Fielder, desainer BMW. Ia tak akan pernah menyangka desainnya itu bertahan sampai sekarang.

Namun memang, desain grill ginjal terus berubah seiring dengan semakin modernnya desain mobil itu sendiri. Seperti terlihat pada header di atas, desain yang meninggi kemudian berubah jadi menyamping, dengan beragam variasi desain.

Menurut laman autoevolution, grill ginjal diterapkan pada seluruh model BMW pasca 3030, kecuali BMW 325 model tahun 1937 sampai 1940, BMW Isetta 1955 hingga 1962, BMW 600 tahun 1957-959, serta BMW 700 model tahun 1959-1962.

Desain grill ginjal nampaknya akan terus ada, bahkan hingga 100 tahun mendatang. Pasalnya, mobil konsep BMW Vision Next 100, yang akan menjadi visi BMW dalam pengembangan mobil 100 tahun ke depan, juga dilengkapi dengan grill ginjal.

Artikel Selanjutnya
Concept A Sedan, Penantang BMW Seri 1 dari Mercedes-Benz
Artikel Selanjutnya
Intip Mobil Konsep Baru dari Chevrolet