Sukses

Deretan Mobil Kepresidenan RI Era Soekarno Hingga Jokowi

Tiap era kepresidenan punya cerita menarik. Termasuk soal mobil presiden yang jadi kendaraan harian. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan Presiden Joko Widodo di Kalimantan Barat, Sabtu (19/3) memberikan kesan berbeda. Ini karena mobil dinas Jokowi dengan plat nomor RI 1 itu mogok di tengah jalan.

Hal ini tentunya menyedot perhatian masyarakat. Pasalnya, sekelas orang nomor satu, ternyata bisa sama seperti pemilik mobil pada umumnya, merasakan mogok.

Diketahui, mobil Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang digunakan Jokowi untuk perjalanan dinasnya itu telah dibeli negara sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Artinya, jika dilihat dari kesibukan presiden untuk mondar-mandir ke sejumlah tempat di Indonesia, maka mobil buatan Jerman tersebut telah cukup umur, alias memang harus diganti.

Lantas bagaimana dengan masing-masing mobil presiden di Indonesia lainnya? Apakah mobil orang nomor satu di Indoensia juga berubah-ubah dari masa ke masa?

Mau tahu  mobil dinas presiden Indonesia dari Soekarno hingga SBY? Berikut ulasannnya;

Macam-macam mobil Presiden Soekarno

1. Soekarno

Presiden Pertama RI yang satu ini pernah menunggangi mobil buatan Amerika Serikat, Buick-8.

Uniknya, mobil ini ternyata bukan dibeli negara, tetapi pada 1945, mobil ini ditemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Penduduk Jepang, yang saat ini disebut kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta.

Mobil Presiden Soekarno itu diketahui merupakan tipe Limited-8, yang dibuat pada 1939. Buick-8 bukan mobil biasa, di zamannya ini cukup tangguh karena dibenamkan mesin 5.247 cc.

Tidak hanya itu, beberapa mobil Presiden Soekarno lain yang dipakai untuk dinas adalah Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial.

Mobil bersejarah ini kini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta. Kondisinya cukup apik dengan warna hitam mentereng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

2. Soeharto

Di masa kepemimpinan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, ada beberapa mobil kepresidenan. Salah satu yang paling terkenal adalah Mercedes-Benz 500SEL.

Uniknya, mobil lansiran 1987 itu memiliki nomor polisi mobil yang sempat berubah dari B1 menjadi RI-1.

Di masanya, Mercedes-Benz 500SEL memiliki spesifikasi keamanan sama dengan pemimpin dunia, mulai dari Presiden Bill Clinton hingga Ratu Elizabeth II.

Ketangguhan mobil ini bisa dilihat dari bagian kaki-kaki mobil tersebut, di mana perusahaan ban Michelin ditunjuk untuk membuat ban dengan keamanan tingkat tinggi, berupa ban anti peluru dan ranjau.

Ban ini ternyata spesifikasinya sama dengan yang diminta Presiden Rusia, Boris Yeltsin.

Tak hanya kaki-kaki, mobil Kepresidenan Soeharto juga telah dilengkapi kaca anti peluru. Belum lagi pada bagian bodi dilapisi baja dan platina hitam sehingga tahan serangan peluru, mortir dan guncangan.

Untuk jantung pacu, Mercedes-Benz 500SEL mengusung mesin M117.963 delapan silinder berkapasitas 5 Liter, yang mampu melaju hingga kecepatan 220 km/jam.

3 dari 4 halaman

Next

3. BJ Habibie, Abdurahman Wahid (Gus Dur), dan Megawati

Pada tahun 1994, kala itu Soeharto masih menjabat sebagai presiden. Di tahun tersebut, Soeharto mengganti mobil kepresidenannya menjadi Mercedes-Benz S600.

Ternyata, setelah Soeharto lengser pada 21 Mei 2008, mobil Mercedes-Benz S600, menjadi warisan bagi preisden-presiden lainnya mulai dari Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie (1998-1999), kemudian Abdurahman Wahid atau Gus Dur (1999-2001), Megawati Soekarno Putri (2001-2004).

Di awal Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden, dia juga sempat merasakan ketangguhan Mercedes-Benz S600.

Di masanya, mobil ini sudah tergolong sangat canggih, karena dilengkapi kaca dan bodi anti peluru, serta tahan dari serangan mortir atau granat. 

4 dari 4 halaman

Next

4. SBY

Presiden RI ke-6 memanfaatkan kehebatan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini disebut memiliki lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi dari sebuah mobil.

Ketangguhan Mercy S600 Pullman Guard ini lebih canggih dan tetap mampu menahan tembakan dari senapan, mortir, granat hingga serpihan ledakan bom.

Tidak hanya body dan kaca anti peluru. Jika mobil ini kempes atau bocor, ternyata ban mobil masih dapat lari sejauh 60 kilometer.

Mobil ini juga dilengkapi sistem pemadam kebakaran yang mampu mengunci titik penyebaran api serta panic alarm system untuk memberitahu saat ada ancaman.

Pada bagian kaca depan dan jendela belakang mobil ini tahan panas, sistem adjutable doorhold di keempat pintu, kemudian pintu belakang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik.

Berbagai fitur lainnya pada mobil ini disebut telah terkoneksi internet, climate control, four zone AC, individual TV, hingga tabung oksigen.

Untuk jantung pacu, mobil ini dibenamkan mesin 12 silinder Biturbo, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 517 Tk.

Meski memiliki bobot mencapai 4.200 kilogram, namun Mercedes-Benz S600 Pullman Guard mampu melesat dengan kecepatan puncak 210 km/jam.

Hingga Era Presiden Jokowi saat ini, mobil tersebut belum tergantikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.