Sukses

Tutup Tangki Terlalu Rapat, Bensin Bisa Ogah Turun

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu penyebab motor brebet adalah pembakaran yang tidak sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna sendiri disebabkan oleh api, udara, dan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran.

Bahan bakar yang tersimpan dalam tangki, mungkin saja tidak "menetes" atau "terhisap" karena satu masalah kecil. Yaitu tersumbatnya lubang udara kecil di bagian tutup tangki sehingga tidak memungkinkan adanya sirkulasi udara.

"Lubang tangki tertutup rapat itu jarang, tapi mungkin. Kalau lubang itu nutup rapat banget, bisa buat bahan bakar tidak menetes," ujar Joko, pemilik bengkel sepeda motor JDM, yang ada di Jakarta Selatan, kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Joko mencontohkan dengan kasus minuman kemasan. Jika lubang minuman kemasan ditutup dengan kertas saja dalam posisi tutupnya terbuka, lalu kemudian minuman itu dibalik, maka air tidak akan keluar, dan kertas akan tetap menempel di bibir kemasan.

Lubang tangki dapat menutup dengan rapat karena beberapa hal. Bisa karena kotoran, bisa juga akibat karat karena terlalu sering kena air dan tidak dikeringkan.

Selain akibat internal, udara juga bisa tidak tersirkulasi karena tutup tangkinya terhalangi sesuatu. Misalnya jas hujan.

Lubang ini memang kecil, meski letak dan ukuran persisnya berbeda-beda tiap motor. Untuk mengatasi masalah ini, Joko mengatakan caranya cukup mudah. "Tinggal temukan lubangnya, lalu bersihkan. Bisa pakai kawat," terangnya. 

Artikel Selanjutnya
Masyarakat Makin Minati Pertalite, Penjualan Premium Berkurang
Artikel Selanjutnya
Tabung Gas Melon Kosong Bikin Pusing Warga Brebes Selama Lebaran