Sukses

Tiga SUV Termurah di Indonesia

Berikut adalah tiga SUV termurah di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sport Utility Vehicle (SUV) adalah satu segmen kendaraan roda empat dengan pertumbuhan paling cepat di Indonesia, meski sejauh ini masih multi purpose vehicle (MPV) yang mendominasi.

Tak heran jika kemudian hampir semua pabrikan besar yang bermain di Indonesia punya line up di segmen ini. Dari mulai Honda, Toyota, Nissan, sampai pabrikan kelas menengah seperti Chevrolet dan Mazda ikut berkontestasi.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), SUV dibagi dua, low SUV dan SUV itu sendiri. Sepanjang 2016 lalu, segmen SUV masih dikuasai Toyota Fortuner yang terjual sebanyak 28.195 unit. Sementara low SUV dikuasai Honda BR-V dengan penjualan sebesar 38.666 unit.

Namun demikian, popularitas ini tidak melulu berbanding lurus dengan harga. Dalam arti, model-model populer tak mesti harganya paling murah dengan yang lain. Fortuner misalnya, bukanlah SUV termurah di Indonesia. Begitu juga dengan Honda BR-V yang bukan low SUV paling terjangkau.

Lantas, SUV manakah yang punya harga paling murah? Diolah dari laman oto.com, berikut 3 SUV paling ramah di kantung.

Toyota Rush

SUV termurah ketiga di Indonesia adalah Toyota Rush. "Saudara" Daihatsu Terios ini dibanderol dengan harga Rp mulai dari Rp Rp 239,4 juta (varian G M/T). Sementara varian tertingginya, Ultimo TRD Sportivo A/T, dihargai Rp 267,3 juta.

Harga ini membuat Rush sekaligus menjadi salah satu LSUV terlaris. Total penjualannya hanya kalah dari Honda BR-V dan HR-V, yaitu sebanyak 24.371 unit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Honda BR-V

Penguasa segmen LSUV, Honda BR-V, ternyata berada di posisi kedua SUV termurah. Varian terendahnya, S 6MT, dibanderol Rp 233 juta. Sementara varian tertingginya, Prestige CVT, dibanderol Rp 268 juta.

Sebagaimana telah disebutkan, Honda BR-V sepanjang 2016 lalu berhasil jadi LSUV terlaris di Indonesia dengan total penjualan sebanyak 38.666 unit. Di posisi kedua ada Honda HR-V 1,5 liter yang terjual sebanyak 36.281 unit.

Daihatsu Terios

Inilah SUV termurah di Indonesia: Daihatsu Terios. Varian terendah mobil ini. X MT, dibanderol dengan harga Rp 195,2 juta. Varian tertingginya, yaitu R AT Adventure, dibanderol Rp 252 juta, atau lebih dari Rp 50 juta lebih mahal.

Meski paling murah, namun penjualan Terios tidak sampai 20 ribu unit lebih sepanjang tahun lalu. Mobil ini "hanya" terjual sebanyak 14.238 unit, dan bertengger di posisi keempat di bawah BR-V, HR-V, dan Rush.

Varian terendah berkontribusi terhadap 25 persen total penjualan Terios, atau setara dengan 3.591 unit penjualan. Varian terlaris adalah Terios R 1.5 MT. Ia terjual sebanyak 7.841 unit atau sekira 55 persen total penjualan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini