Sukses

Dari Ungkapan Makan Gak Makan Asal Kumpul, Lahirlah MPV

Liputan6.com, Jakarta Tren Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia, ternyata bermula dari sebuah ungkapan, 'Makan Gak Makan Asal Kumpul'. Hal ini karena, MPV memiliki kapasitas yang besar, dan mampu membawa banyak penumpang.

Dijelaskan Kukuh Kumara, Sekertaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), jika dilihat dari sejarahnya, pada 1970-1980 itu mobil yang mendapatkan perhatian mobil komersial, tapi yang bisa memuat penumpang.

"Akhirnya dikonversikan, Toyota Kijang waktu itu kendaraan komersial, dan diubah melalui karoseri akhirnya bertumbuh sampai sekarang," jelas Kukuh dalam Diskusi Peluang dan Tantangan Model MPV di 2017 yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Kamis (23/3/2017).

Ditambah, dengan struktur pajak yang kecil membuat MPV semakin diterima oleh masyarakat Indonesia.

"Saat ini tujuh seater jadi syarat mobil kalau mau laku di Indonesia, karena bisa mengangkut banyak orang," tambahnya.

Sementara itu, sejak dimulainya era MPV di Tanah Air, banyak pabrikan yang bermain di segmen tersebut. Namun, hanya Toyota Kijang Innova yang masih kuat hingga saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini