Sukses

Suzuki Uji Coba Burgman Fuel Cell

Liputan6.com, Tokyo - Suzuki Motor Corp. mengatakan bahwa mereka sudah mulai menguji coba skutik fuel-cell di jalan raya. Mereka ingin di masa depan teknologi fuel-cell tak hanya dimiliki mobil, namun juga sepeda motor.

Uji coba, ini, sebagaimana dikutip dari nippon.com, adalah yang pertama kali dilakukan sepanjang sejarah. Tujuannya tidak lain adalah melihat seberapa baik motor ini dalam kondisi nyata, dan juga melihat respon masyarakat sebagai calon konsumen.

Sementara itu, menurut laman responsejp.com, basis dari motor fuel-cell ini adalah Burgman 200, matik bongsor yang pernah juga dijual di Indonesia.

"Jeroan" motor ini dirombak sedemikian rupa. Suzuki kemudian menanamkan fuel-cell berpendingin udara kompak, dengan 700 bar tangki bahan bakar hidrogen, serta motor listrik. Dengan cara ini, tampak luar motor sama dengan motor pada umumnya.

Roda digerakkan oleh motor, yang memperoleh tenaga dari fuel-cell yang mengubah hidrogen menjadi listrik. Tenaga yang keluar dari motor ini adalah 4,5 kW dan torsi 23 Nm. Sementara kecepatan mencapai 75 km/jam.

Suzuki Burgman fuel cell ini juga dilengkapi dengan baterai lithium-ion bekas dari mobil hybrid. Jika menggunakan baterai, motor ini bisa melaju hingga 120 km dengan kecepatan maksimal hanya 60 km/jam.

Wacana Suzuki ini sebetulnya telah mengemuka sejak akhir Desember 2015. Saat itu, mereka mengatakan akan menguji coba motor fuel-cell "tahun depan" atau pada 2016. Namun karena satu dan lain sebab mundur beberapa bulan.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Jelang Peluncuran, Suzuki Swift Sport 2018 Goda Publik