Sukses

Solusi Otomotif: Bunyi Aneh Saat Pengereman dan Mesin Ndut-dutan

Selamat pagi yth pak H. Mustafa. saya mau tanya mobil saya Kijang Innova thn 2005 mesin bensin, 2000cc. Yang pertama : kenapa kadang saat pengereman terdengar bunyi krek2 di bagian roda depan? Saya baru ganti kampas rem skitar 2 thn yg lalu. Minyak rem juga saya sering cek berkala. Pertanyaan ke 2 ; kadangkala saat pindah transmisi 2 ke 3 terasa ada ndut2an (cuma sebentar), rasa ndut2an kdang muncul kadang tidak. Kira2 kenapa ya Pak? Terimakasih atas perhatiannya dan salam otomotif--Marthinus -- Bajawa, Flores

Liputan6.com, Jakarta Pak Marthinus di Bajawa Flores NTT, terima kasih atas pertanyaannya.

Kijang Innova 2005 rem depan ada bunyi krek krek saat direm, apakah bunyi krek krek ini terdengar semenjak penggantian kampas rem yang baru? Atau terdengar bunyi krek krek baru dalam hitungan minggu ini. Hal ini memudahkan dalam menganalisa problem rem tersebut.

Coba saya asumsikan kalau terjadi bunyi semenjak penggantian kampas rem depan yang baru:
1. Pemasangan kampas rem depan yang baru tidak sempurna, ada plate yang tidak terpasang
2. Kampas rem depannya ada perbedaan dengan part yang lama
3. Piringan rem (disc rotornya) sudah terjadi baret-baret kasar  

Kalau terjadi bunyi belum lama kemungkinan penyebabnya:
1. Kampas rem depan kotor ada lumpur yang menempel
2. Piringan rem (disc rotor) sudah terjadi baret baret kasar
3. Kampas rem depan sudah tipis lagi, ketebalan kampas remnya sudah melebihi limit indikator rem
4. Pemasangan baut ada yang kendor

Hal hal di atas yang dapat menyebabkan rem depan Pak Martinus menjadi bunyi krek krek, coba dilakukan pemeriksaan lagi ke bengkel.

Pertanyaan kedua: Masuk gigi dari 2 -3 kadang kadang terasa dut dutan ini juga timbulnya tidak selalu terjadi. Kemungkinan penyebabnya adalah:
putaran mesinnya ( RPM ) saat pelepasan pedal koplingnya terlalu rendah tidak seimbang sehingga tenaga mesin terasa dut dutan mau mati mesinnya .
Tindakan yang mudah bisa dilakukan adalah pembersihan saringan udara dan saringan bensin terlebih dahulu.
Semoga jawaban saya bisa membantu Pak Martinus menyelesaikan bunyi-bunyi rem dan mesin dut dutan.

Terima Kasih

Agus Mustafa

==

==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:


Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh juara satu National Toyota Technicians Skills Contest dan jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.