Sukses

Intip Ketangguhan Motor Vinales dan Rossi di MotoGP

Liputan6.com, Jakarta - Maverick Vinales dan Valentino Rossi tampil memukau di seri perdana MotoGP 2017 di Sirkuit Losail Qatar, Senin (27/3/2017) dini hari WIB. Keduanya masuk podium, Vinales diurutan pertama dan Rossi ketiga di bawah pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso.

Kemenangan Vinales di ajang MotoGP ini memang telah banyak diprediksi sejumlah pengamat. Lantaran gaya balapan dibeberapa tes kualifikasi, mantan pembalap Suzuki Ecstar itu selalu di atas angin.

Lain halnya dengan Rossi, sebelum laga dimulai, pembalap yang dijuluki The Doctor ini selalu tercecer di belakang dan kurang memuaskan.

Namun, cuaca tak menentu sebelum balapan dimulai, membuat pembalap Italia itu mampu menaklukkan lintasan dengan mulus.

Mereka juga meninggalkan para pembalap kawakan lainnya seperti dari tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang berada diurutan keempat dan kelima, serta Jorge Lorenzo yang harus puas di posisi ke-11.

Meski demikian, selain kehebatan skill individu, ada peran penting yang tak lagi diragukan kedua pembalap Movistar Yamaha tersebut.

Ya, itu adalah ketangguhan dari performa sepeda motor Yamaha YZR M1. Si kuda besi ini telah melakukan berbagai rombakan dan desain, sehingga para pembalap mampu menaklukannya dengan baik.

1 dari 2 halaman

Next

Spesfikasi Yamaha YZR M1

Sama seperti tim lainnya, Yamaha YZR M1 dalam ajang balapan MotoGP kali ini tak lagi menggunakan winglet pada bodi. Penggunaan winglet sendiri bermula dari tim Ducati yang diketahui agar memberikan efek gaya tekan ke bawah atau downforce

Sehingga para pembalap bisa lebih stabil dan ban tidak mudah terangkat (wheelie). Namun karena dianggap berbahaya, winglet akhirnya harus dilepas.

Selain itu, keunggulan dari motor berbalut warna biru dan hitam itu juga memiliki tampilan sporty dengan suspensi depan up side down berkelir emas dan suspensi belakang Ohlins.

Agar lebih mumpuni bagian sasis Yamaha YZR-M1 2017 telah menggunakan Aluminium twin tube Delta Box with multi-adjustable steering geometry, Aluminium swingarm.

Motor ini juga telah dilengkapai ECU buatan Magneti Marelli yang telah disesuaikan oleh peraturan FIM (Federationa International de Motorcyclisme).

Untuk jantung pacunya sendiri, Yamaha YZR-M1 2017 disebut telah membenamkan mesin 1000 cc, empat silinder segaris dan crossplane crankshaft, serta Liquid Cooled.

Dengan mesin tersebut, daya yang dihasilkan mencapai 240 Tenaga kuda dan torsi  176 kW, serta dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Kekuatan dari perfoma mesin ini tak luput dari peran kaki-kaki yang digunakan, seperti pelek berukuran 17 inci yang dibalut ban Michelin (tipe basah atau kering).

Selain itu, baik motor Vinales dan Rossi, telah menggunakan sistem pengereman  buatan Brembo yang dipasang dua rem cakram karbon berukuran 340 mm atau 320 mm.

Sedangkan di bagian belakang memakai satu rem cakram yang terbuat dari stainless steel dengan dua piston kaliper.

 

Artikel Selanjutnya
Klasemen Pembalap MotoGP 2017: Marquez Makin Tinggalkan Rossi
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Marquez Keluhkan Ban Michelin