Sukses

10 Perusahaan Otomotif Berusia Satu Abad Lebih

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah kendaraan atau alat pengangkut hampir sama tuanya dengan peradaban manusia modern itu sendiri. Namun, ia berakselerasi cukup cepat pasca penemuan lokomotif uap pada awal abad ke-19.

Era kendaraan bermotor kemudian muncul seiring dengan penemuan mesin pembakaran dalam. Jean Lenoir, insinyur berdarah Belgia dan Perancis, adalah orang pertama yang sukses mengembangkan mobil dengan teknologi itu pada 1858.

Tak perlu menunggu waktu lama, bermodalkan penguasaan teknologi, orang-orang yang kemudian namanya tercatat dalam sejarah mendirikan perusahaan kendaraan bermesin. Sebut saja Henry Ford, atau duo Henry Royce dan Charles Rolls.

Perusahaan mereka masih tegak berdiri. Meski telah berusia lebih dari satu abad, mereka masih bisa "beradu otot" dengan pabrikan yang lebih muda. Selain mereka, masih ada lagi pabrikan lain yang usianya telah lebih dari 100 tahun.

Ford Motor Company

Perusahaan pertama yang usianya telah lebih dari 100 tahun adalah Ford Motor Company. Menurut laman ford motorhistory, dilihat Senin (27/3/2017), perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini didirikan oleh pria bernama Henry Ford, pada Juni 1903. Artinya, tahun ini mereka akan memasuki usia 114 tahun.

General Motors

Berdasarkan laman history.com, General Motors (GM) didirikan oleh William Crapo Durant pada September 1908, atau akan berusia 109 tahun tahun ini. Saat itu GM dimaksudkan sebagai perusahaan induk Buick, yang juga merek mobil bermesin. GM terus melebarkan sayap dengan merek-merek yang berbeda dan beroperasi di puluhan negara.

Mercedes-Benz

Menyebrangi lautan, kini kita temui pabrikan asal Jerman, Eropa, yang usianya juga telah lebih dari 100 tahun. Mercedes-Benz, menurut laman resmi mereka, didirikan pada 1886 di Manneheim, Jerman. Mobil Mercedes-Benz pertama kali diperkenalkan pada Maret 1901 di ajang Nice Race Week. Mobil ini bertenaga 35 Tk.

Daihatsu

Berpindah benua lagi, kini kita temui Daihatsu, pabrikan mobil tertua asal Jepang. Dalam laman resminya, daihatsu.com, disebutkan bahwa perusahaan ini didirikan pada 1 Maret 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co dengan core bisnis produksi mesin pembakaran internal. Hatsudoki baru berganti nama jadi Daihatsu pada 1951.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Selain empat pabrikan di atas, ada lagi enam pabrikan lain. Namun keenam pabrikan ini bisa dibilang kurang populer jika dibandingkan dengan empat lainnya, setidaknya di Indonesia. Berikut enam pabrikan tua lainnya:

Opel

Meski kurang populer, namun ternyata sejarah Opel lebih tua ketimbang empat pabrikan sebelumnya. Jika ditilik dari pendirian perusahaan, Opel didirikan pada 1862 oleh Adam Opel. Saat itu Opel adalah produsen mesin jahit. Barulah pada 1899 perusahaan asal Hesse, Jerman ini membuat mobil yang diberi nama System Lutzmann.

Fiat

Fiat, seperti Opel, didirikan sebelum abad ke-19 menyongsong. Ia didirikan oleh kelompok investor, termasuk Giovanni Agnelli, pada 1899. Di tahun yang sama, tepatnya pada 11 Juli, sebagaimana disebut oleh laman fcagroup.com, Fiat untuk pertama kalinya memperkenalkan mobil yang bertenaga 4 Tk.

Tatra

Tatra, nama yang sama sekali tidak familiar. Namun ternyata, pabrikan asal Ceko ini adalah pabrikan mobil tertua kedua di dunia. Pada 1850, perusahaan ini memproduksi kereta. 47 tahun setelahnya, atau pada 1897, mereka membuat mobil pertama. Namun pada 1999 mereka memutuskan untuk berhenti membuat mobil penumpang dan fokus pada truk.

Peugeot

Sebagaimana pabrikan lain, Peugeot tidak langsung membuat mobil. Didirikan pada 1810 sebagai pabrik kopi dan sepeda, Peugeot baru membuat mobil (beroda tiga bertenaga uap) pada 1889. Saat itu hanya ada empat mobil yang diproduksi.

Renault

Kemudian Renault. Perusahaan asal Perancis ini didirikan oleh Louis Renault pada 1898. Mobil pertama yang dibuat merek ini dinamakan Renault Voiturette 1CV, dan diuji coba untuk pertama kalinya pada 24 Desember 1898.

Aston Martin

Aston Martin jadi pabrikan terakhir dalam list kami yang telah berusia lebih dari 100 tahun. Menurut laman astonmartin.com, merek mobil mewah ini didirikan oleh Robert Bamford dan Lionel Martin pada 1913. Setahun setelahnya, dengan bekal workshop kecil di Loncon, mobil pertama Aston Martin sukses dirakit dan teregistrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini