Sukses

Wujud Sepeda Motor Penjelajah Bulan Bikinan NASA

Liputan6.com, Jakarta - National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau lembaga antariksa Amerika Serikat kerap melakukan berbagai misi rahasia di luar angkasa. Namun ternyata di balik misinya itu, NASA juga ternyata sempat membuat sepeda motor khusus.

Kabar ini terungkap dengan beredarnya sejumlah foto-foto astronot berseragam lengkap atau Advanced Crew Escape Suit (ACES) mengendarai sepeda motor.

Dilansir Dailymail, Senin (27/3/2017), gambar yang beredar merupakan proyek NASA pada tahun 1969 saat menguji Honda CT90 dan  sepeda motor listrik. Kala itu, misi dilakukan bersama tim Apollo 15.

NASA sempat membuat motor untuk mengekplorasi bulan. (NASA)

Disebutkan, pengujian dilakukan dalam sebuah ruangan dengan gravitasi nol. Hal ini sengaja dilakukan agar kendaraan dapat beradaptasi di bulan yang tak memiliki gravitasi.

Dalam buku 'Apollo: The Lost and Forgotten Missions' mengungkapkan, NASA telah membuat beberapa model alat transportasi untuk dikendarai di bulan dalam program Apollo.

NASA sempat membuat motor untuk mengekplorasi bulan. (NASA)

Untuk motor listrik, disebutkan menggunakan sistem penggerak listrik yang mampu menghasilkan daya 5-8 Tenaga kuda dengan baterai 30 Ah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Gagal Dibawa ke Bulan

Meski sempat dilakukan beberapa kali percobaan, namun nyatanya sepeda motor itu batal diberangkatkan ke bulan. Hal tersebut karena kondisi bulan yang tak memiliki atmosfer, sehingga tidak dapat menyerap panas sepeda motor.

Sebelumnya, tim NASA sempat melakukan uji coba dengan menggunakan sistem pendingin dari lilin agar dapat menyerap panas dari sepeda motor.

Jika motor telah lama melaju, maka lilin akan meleleh. Untuk mengembalikan kondisi lilin membeku, maka sang astronot hanya perlu berhenti dan menunggunya hingga mengeras kembali.

Adapun kendaraan yang akhirnya dipakai untuk mengeksplorasi bulan adalah Lunar Roving Vehicle (LRV) atau disebut juga Moon Buggy.

LRV sendiri merupakan kendaraan roda empat bertenaga listrik.  Kendaraan ini mampu bergerak dalam kondisi gravitasi sangat rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.