Sukses

Pakai Pelek dan Ban Lebar Bisa Rusak Kaki-Kaki Mobil

Penggunaan pelek dan ban besar, justru membuat kaki-kaki mobil cepat rusak.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, banyak pemilik mobil yang gemar memodifikasi pelek dan menggunakan ban lebar di kendaraan kesayangaannya. Dengan begitu, tampilan mobil akan terlihat lebih bergaya dan keren.

Namun, dijelaskan Wawan dari Bengkel Lili, spesialis kaki-kaki mobil, penggunaan pelek dan ban besar, justru membuat kaki-kaki mobil cepat rusak.

"Untuk bikin awet kaki-kaki mobil, sebaiknya pakai pelek dan ban standar saja," jelas Wawan saat ditemui Liputan6.com di bengkelnya, Jalan Haji Nawi Raya, No 43, Gandaria Utara, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

Dengan menggunakan pelek dan ban lebar, biasanya akan membuat kerja setir, ball joint, dan tie rod bearing roda lebih berat. Terlebih, sering melewati jalan rusak atau berlubang.

"Biasanya kalau sudah rusak, setir akan susah dikendalikan dan bunyi dari bagian kaki-kaki mobil. Jadi, jangan sembarangan modifikasi," tambahnya.

Untuk perbaikan kaki-kaki mobil, seperti karet bushing setir, bushing arm, bushing crossmember, bushing lower arm, bushing rack steer, bengkelnya menyediakan spare partnya berbahan teflon dan karet. Untuk harganya, mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.