Sukses

Honda Ketahuan Kembangkan Motor Roda Tiga Hybrid

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Co ternyata sedang mengembangkan sepeda motor roda tiga ramah lingkungan bertenaga hybrid. Hal ini diketahui melalui gambar paten yang bocor ke publik, beberapa hari yang lalu.

Secara desain sebagaimana terlihat pada gambar di atas, tampilan roda tiga Honda memang tak terlalu istimewa. Bentuknya mirip dengan roda tiga lain yang sudah lama ada di jalanan dengan konfigurasi dua roda di depan, sebut saja Piaggio MP3.

Namun yang berbeda dari motor roda tiga lainnya ada pada sektor mesin. Diketahui, motor ini dilengkapi dengan mesin empat silinder plus motor elektrik. Motornya persis ada di depan mesin konvensional yang ada di belakang ban depan.

Menurut laman rideapart.com, dikutip Jumat (31/2/2017), menempatkan motor elektrik itu di bagian depan adalah langkah tepat. Pasalnya, motor bisa mendapat udara secara natural agar suhu tetap rendah. Ini juga berlaku pada mesin konvensionalnya.

Namun, belum diketahui mobil ini pakai jenis hybrid yang mana. Untuk diketahui, mesin hybrid terdiri dari beberapa jenis, dari hybrid paralel hingga hybrid seri. Pada hybrid paralel baik mesin biasa dan motor listrik dapat menggerakkan kendaraan secara bersamaan. Sementara hybrid seri, mesin bertugas untuk menyuplai daya pada baterai.

Salah satu keuntungan dari mekanisme seperti ini adalah kendaraan lebih hemat bahan bakar, juga ramah lingkungan. Hemat karena konsumsi bensin lebih sedikit, ramah lingkungan karena emisinya tidak sebanyak kendaraan mesin konvensional utuh.

Layaknya dokumen paten lain, di sini tidak dijelaskan sudah sampai mana pengembangan kendaraannya sendiri.

Artikel Selanjutnya
Otonomos Jaguar Land Rover Mendekati Level 4
Artikel Selanjutnya
Sepeda Motor Populer di Indonesia, Namanya Berbeda di Luar Negeri