Sukses

Adu Keren, All New Honda Scoopy atau Yamaha Fino 125 Bluecore?

Liputan6.com, Jakarta Segmen skutik retro sepertinya kembali memanas, setelah PT Astra Honda Motor (AHM), resmi meluncurkan All New Honda Scoopy. Peluncuran ini, seakan menjawab tantangan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yang terlebih dahulu menghadirkan, New Fino 125 Blue Core.

All New Honda Scoopy hadir dengan tiga kata kunci, yaitu bergaya unik dan fashionable, lebih banyak fitur, serta performa mesin eSP yang masih mumpumi.

Hadir dengan desain baru, namun All New Honda Scoopy masih mempertahankan garis bodi khas, serta lampu utama membulat yang menjadi ciri utama skutik retro pabrikan berlambang sayap mengepak ini.

Model baru Honda Scoopy ini juga hadir dengan berbagai fitur tambahan, dan paling mencolok, digantinya pelek sebelumnya berukuran 14 inci, menjadi 12 inci, dengan ban yang lebih lebar.

Lalu, bagaimana performa, mesin, dan harga All New Honda Scoopy, jika dibandingkan dengan kompetitor, New Yamaha Fino 125 BlueCore? Berikut uraiannya:

Harga

All New Honda Scoopy dibanderol Rp 17,8 juta on the road Jakarta, dan hadir dengan delapan varian warna baru, dengan tiga tema, yaitu sporty, stylish, dan playful. Untuk playful dilengkapi tiga warna, yaitu white blue, cream, dan qhite green. Untuk Sporty juga tersedia tiga varian warna, yaitu qhite, red, dan black.

Sedangkan New Fino 125 BlueCore Rp 17,2 juta on the road Jakarta. Skutik ini hadir dalam dua tipe yakni premium dan Sporty. Sedangkan untuk tipe baru, yaitu New Fino 125 BlueCore Grande ditawarkan Rp 18,4 juta on the road Jakarta.

Ulasan tentang mesin dan fitur ada di halaman selanjutnya. Jangan lupa untuk berpartisipasi dalam polling kali ini:

 
1 dari 3 halaman

Performa

Mesin

All New Honda Scoopy punya jantung pacu berupa mesin eSP berkapasitas 110 cc yang terintegrasi dengan ACG Starter. Sehingga untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS).

Dengan mesin tersebut, Honda Scoopy baru mampu menghembuskan daya hingga 8,9 Tk pada 7.500 rpm, dengan torsi maksimum sebesar 9,4 Nm pada 6.000 rpm.

Dengan spesifikasi tersebut, Honda mengklaim model ini dapat berakselerasi 200 meter dalam 12,73 detik, dan memiliki kecepatan maksimum hingga 91,3 km/jam.

Sedangkan untuk New Fino 125 BlueCore, mengusung mesin SOHC 4 langkah, satu silinder berkapasitas 125 cc, dengan teknologi BlueCore. Dengan unit tersebut, model ini mampu menghembuskan daya hingga 9,3 Tk pada 8.000 rpm, dengan torsi maksimum sebesar 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

2 dari 3 halaman

Fitur

Fitur

Berbicara fitur, All New Honda Scoopy dijejali panel meter elektrik yang dilengkapi LCD baru, menampilkan odometer dan indikator bahan bakar, serta fitur ECO indikator, serta alarm baru, membantu pengendara menghindari pencurian dan mencari lokasi parkir.

Selain itu, terdapat power charger baru yang terdapat di konsol boks, yang dapat dimanfaatkan oleh pengendara untuk mengisi daya handphone miliknya. Namun,  power charger ini membutuhkan connector charger, seperti di mobil.

Sedangkan New Fino 125 BlueCore dilengkapi fitur Eco Indicator yang menyala ketika dikendarai pada rentang keceptan 20-60 km/jam. Indikator ini berfungsi sebagai penanda ketika mesin mencapai tingkat efisiensi terbaik.

Sedangkan fitur unggulan skutik retro cap garputala ini, yaitu sistem keamanan canggih, seperti answer back dan auto open key shutter. Fitur answer back, berfungsi untuk memudahkan pengguna mengetahui posisi motor ketika di parkir. Fitur anyar berupa auto open key shutter ini akan memudahkan pengendara membuka panel keamanan pada rumah kunci menggunakan sistem remote yang terdapat pada anak kunci secara wireless.

Fitur unggulan pada skutik retro cap garputala yakni sistem keamanan canggih yang didukung answer back dan auto open key shutter. Sama seperti yang digunakan kompetitor, fitur answer back berfungsi untuk memudahkan pengguna mengetahui posisi motor ketika parkir.

Sedangkan auto open key shutter, memudahkan pengendara membuka panel keamanan pada rumah kunci menggunakan sistem remote yang terdapat pada anak kunci secara wireless.

 

Artikel Selanjutnya
Sepeda Motor Populer di Indonesia, Namanya Berbeda di Luar Negeri
Artikel Selanjutnya
Mengenal Varian Mesin Toyota yang Beredar di Indonesia