Sukses

MURI Catat Rekor Freestyle Sepeda Motor, di Otobursa

Liputan6.com, Jakarta Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk pertama kalinya mencatatkan rekor freestyle menggunakan sepeda motor di Indonesia. Rekor ini terjadi di Otobursa Tumplek Blek, Jakarta, Sabtu (1/3/2017). Capaian ini diperoleh menggunakan 50 unit sepeda motor Suzuki GSX-S150.

Rekor yang secara resmi dinamai "aksi freestyle motor dengan jumlah peserta dan sepeda motor terbanyak menggunakan satu tipe motor dalam waktu bersamaan" ini teregistrasi dalam Buku Rekor MURI Nomor 7871. Penyerahan dilakukan oleh Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo.

Menurut Osmar, dalam Buku Rekor MURI, umumnya rekor yang terdaftar berkaitan dengan otomotif adalah touring. Entah itu rekor touring dengan jumlah peserta terbanyak atau trek terpanjang. "Sementara kalau freestyle ini baru pertama," ujarnya kepada Liputan6.com.

Disaksikan oleh ratusan, bahkan ribuan pengunjung Otobursa, prosesi pemecahan rekor dilakukan dengan beberapa tahap. Dari mulai aksi stoppie, circle, wheelie, dan diakhiri dengan burnout (memutar ban belakang dalam posisi statis, ban belakang mengeluarkan asap).

Suzuki Indonesia yang diwakili oleh Yohan Yahya sebagai Sales & Marketing Departmen Head, mengatakan bahwa pemecahan rekor ini dilakukan dalam ranga mendemonstrasikan keunggulan motor baru mereka itu.

"Kami ingin tunjukkan keunggulan GSX-S150 yang bobotnya ringan, handling yang baik serta proposi kendaraan khusus untuk Indonesia, sehingga mudah dan nyaman dikendarai, termasuk ketika digunakan untuk melakukan aksi freestyle," ujar Yohan dalam pidatonya.