Sukses

Ducati Pertahankan Fairing Radikal

Ducati MotoGP mengatakan bahwa mereka akan mempertahankan desain fairing radikal bernama Hammerhead yang sudah dipakai sejak bulan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Ducati MotoGP mengatakan bahwa mereka akan mempertahankan desain fairing radikal yang sudah dipakai sejak tes pramusim di Qatar, bulan lalu. Meski begitu, mereka belum akan mengirim desain resminya ke penyelenggara.

Melansir crash.net, Sabtu (1/4/2017), mereka akan terlebih dulu melakukan beberapa uji coba lagi sebelum fairing barunya diregistrasi. Pasalnya, jika sudah didaftarkan, mereka akan tidak bisa lagi melakukan perubahan apapun.

"Kami belum ada rencana untuk meresmikan itu (fairing baru) untuk sekarang. Kami masih mengembangkan itu," ujar juru bicara Ducati.

Sejauh ini memang fairing baru yang diberi nama "Hammerhead" ini belum menunjukkan performa maksimal. Masih banyak kekurangan ketimbang kelebihannya. "Negatifnya terjadi di tengah-tengah tikungan. Ini tentang keseimbangan," tambah jubir itu.

Meski begitu, sejauh ini hal positif sudah dialami para pembalap. Andrea Dovizioso misalnya, mengatakan bahwa dirinya senang dengan fairing baru ini. "Kami akan menggunakannya sepanjang musim ini. Tapi ini masih dikembangkan," terangnya.

Fairing baru ini, sebagaimana diketahui bersama, adalah jawaban atas pelarangan winglet mulai tahun ini. Fairing baru berfungsi untuk meningkatkan downforce, aspek yang sebelumnya dikontribusikan oleh winglet.

Adapun fairing Ducati ini disebut paling radikal di antara milik tim lain. Pada Hammerhead, ada dua tunnel winglet besar di tiap sisinya, namun dengan bagian tengah (hidung) sempit. Desainnya mirip seperti depan mobil balap single-seater.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.