Sukses

Semakin Lama Suara dan Tarikan Sepeda Motor Jadi Kasar, Kenapa?

Suara sepeda motor yang tidak lagi halus dan tarikan kasar bisa dikarenakan ada beberapa komponen yang mengalami keausan.

Liputan6.com, Cibinong - Tak bisa dipungkiri semakin sering dikendarai, sepeda motor akan mengalami suara dan tarikan yang terasa kasar. Hal ini pula yang dikeluhkan sejumlah pemilik sepeda motor.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman ikut angkat bicara. Kata dia, suara motor yang tidak lagi halus dan tarikan kasar bisa dikarenakan ada beberapa komponen yang mengalami keausan.

“Dengan begitu, sepeda motor bisa mengakibatkan performance kendaraan berkurang,” ungkap Herman saat ditemui Liputan6.com di bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Bogor, Selasa (4/4/2017).

Herman menyatakan, suara dan tarikan kasar, biasanya karena kurang rutin pengecekan seperti pada komponen penggerak roda, yaitu pada rantai roda set di motor manual. Sedangkan untuk motor matik, biasanya terjadi pada komponen V-Belt.

“Terkadang telatnya pelumasan oli dan penyetelan pada rantai roda bisa mengakibatkan kurang nyamannya dalam berkendara. Kalau di matik telatnya pembersihan ruang V-Belt atau CVT,” jelas Herman.

Oleh karena itu, Herman menyampaikan, bagi para pemilik sepeda motor, ada baiknya melakukan servis rutin. Perawatan sesuai dengan yang dianjurkan pedoman buku manual, serta dilakukan di bengkel resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.