Sukses

Semakin Lama Suara dan Tarikan Sepeda Motor Jadi Kasar, Kenapa?

Liputan6.com, Cibinong - Tak bisa dipungkiri semakin sering dikendarai, sepeda motor akan mengalami suara dan tarikan yang terasa kasar. Hal ini pula yang dikeluhkan sejumlah pemilik sepeda motor.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman ikut angkat bicara. Kata dia, suara motor yang tidak lagi halus dan tarikan kasar bisa dikarenakan ada beberapa komponen yang mengalami keausan.

“Dengan begitu, sepeda motor bisa mengakibatkan performance kendaraan berkurang,” ungkap Herman saat ditemui Liputan6.com di bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Bogor, Selasa (4/4/2017).

Herman menyatakan, suara dan tarikan kasar, biasanya karena kurang rutin pengecekan seperti pada komponen penggerak roda, yaitu pada rantai roda set di motor manual. Sedangkan untuk motor matik, biasanya terjadi pada komponen V-Belt.

“Terkadang telatnya pelumasan oli dan penyetelan pada rantai roda bisa mengakibatkan kurang nyamannya dalam berkendara. Kalau di matik telatnya pembersihan ruang V-Belt atau CVT,” jelas Herman.

Oleh karena itu, Herman menyampaikan, bagi para pemilik sepeda motor, ada baiknya melakukan servis rutin. Perawatan sesuai dengan yang dianjurkan pedoman buku manual, serta dilakukan di bengkel resmi.

Artikel Selanjutnya
Ribet, Adu Mulut Emak-Emak Pengendara Motor dan Mobil
Artikel Selanjutnya
Mesin Berisik Belum Tentu karena Rantai Keteng Kendur