Sukses

Atasi Busi Motor Bebek Rembes, Pakai Punya Mio dan Beat

Busi bebek bisa diganti pakai punya Yamaha Mio atau Honda Beat yang lebih tahan air.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kelemahan sepeda motor bebek dibanding motor jenis lain seperti skutik dan sport adalah busi yang terlalu terbuka. Implikasi busi yang terlalu terbuka ini adalah lebih mudah rembes air.

Busi yang rembes air, sebagaimana kita tahu, membuat pembakaran berhenti. Pasalnya pembakaran membutuhkan percikan api yang berasal dari busi. Dan percikan api tidak akan bisa muncul jika sumbernya sendiri mengandung air.

Ada cara mudah yang dapat mengantisipasi masalah ini. Cara tersebut adalah dengan mengganti cop atau cangklong busi dengan milik Yamaha Mio dan Honda Beat.

"Cangklong Mio bisa dipakai ke motor lain, tapi utamanya motor bebek. Kayak misalnya Jupiter atau Supra," ujar Eko Safitrianto, mekanik Clinic Motor yang terletak di Duren Tiga, Jakarta Selatan kepada Liputan6.com, beberapa hari lalu.

"Selain Mio, pakai punya Beat juga bisa," tambahnya.

Menurut Eko, kedua cop busi matik populer itu lebih tahan dari air. Pasalnya, karet pelindung body busi dan sambungan ke kabel koil Mio dan Beat lebih tebal dan rapat. "Karena rapat itu, jadi rada susah buat kemasukan air,"

Soal harga, di beberapa laman jual beli online, baik cop Honda Beat atau Yamaha Mio dibanderol antara Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini