Sukses

Inovasi Pabrikan Hadapi Krisis Sopir Truk

Pabrikan truk menciptakan inovasi demi hadapi krisis sopir truk.

Liputan6.com, Tokyo - Jepang tengah dilanda persoalan pelik. Negara tersebut sedang menderita krisis tenaga kerja (ketimpangan usia produktif dibanding lowongan pekerjaan yang ada) karena rendahnya pertumbuhan penduduk.

Krisis ini dirasakan semua industri, termasuk industri otomotif. Satu kasus yang mencirikan ini adalah semakin sedikitnya sopir truk.

Bukan perusahaan namanya jika tidak punya solusi akan masalah ini. Menanggapi krisis sopir truk, beberapa perusahaan berinovasi memperkenalkan model baru dengan teknologi terkini. Demikian seperti yang dilaporkan Asia Nikkei.

"Karena kekurangan sopir, permintaan produk dengan tambahan fitur peningkat keselamatan dan menebus kurangnya keterampilan sopir meningkat," ujar Presiden Hino, Yasuhiko Ichihashi. Hino adalah salah satu pabrikan yang merilis model anyar.

Rabu (5/4) kemarin, mereka baru saja memperkenalkan truk midsize baru, Ranger. Ini adalah kali pertama Ranger baru meluncur, setelah 14 tahun terakhir.

Selain Hino, pabrikan lain yang bakal meluncurkan truk adalah Mitsubishi Fuso. Mereka sedianya akan meluncurkan truk baru bulan depan. Mobil ini akan dilengkapi dengan teknologi terkini yang dapat memudahkan sopir.

"Kendaraan ini bakal dilengkapi dengan sistem mengemudi otomatis," ujar Hironobu Ando, Head of Vehicle Testing Mitsubishi Fuso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini