Sukses

Keunggulan di Balik Mesin Baru New Toyota Agya

Salah satu aspek menarik dari mobil baru Toyota Astra Motor (TAM) yang diluncurkan hari ini (7/4/2017) adalah dikeluarkannya mesin baru.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aspek menarik dari mobil baru Toyota Astra Motor (TAM) yang diluncurkan hari ini (7/4/2017) adalah dikeluarkannya mesin baru Toyota Agya 1,2 liter dual VVT-i bertenaga 87 Tk, selain daripada mesin 1, 0 liter.

Mesin 1,2 liter Agya adalah mesin yang sama dengan LCGC lain, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mesin itu, secara spesifik, adalah mesin seri 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i, empat silinder segaris.

Lantas, apa sebenarnya motivasi PT TAM menambahkan mesin yang lebih besar ini? Ada apa di balik itu?

Menurut Vice President Director TAM, Henry Tanoto, pengembangan semua model Toyota sepenuhnya didasarkan atas kebutuhan konsumen. Begitu pula dengan dihadirkannya mesin 1,2 liter ini.

"Setelah Agya meluncur, lalu kita survei, riset, banyak masukan tentang kebutuhan soal performance, khususnya engine. Itu kenapa kami juga luncurkan mesin 1,2 liter ini," ujar Henry.

Menurutnya, mesin ini dihadirkan untuk memenuhi keinginan pengguna yang butuh tenaga lebih besar, namun tetap berbasis Agya.

Secara spesifikasi Toyota Agya 1,2 liter memang lebih bertenaga. Sementara mesin 1,2 liter tenaganya 87 Tk, mesin 1,0 liter tenaganya "hanya" 67 Tk, sementara mesin lawas bahkan 65 Tk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.