Sukses

Masih Layakkah Agya-Ayla Disebut Mobil Murah?

Liputan6.com, Jakarta - Resmi diluncurkan di pasar otomotif nasional, harga model baru Daihatsu Ayla dibanderol mulai Rp 92,55 juta hingga Rp 146,25 juta. Harga tersebut, memang terbayar dengan fitur yang tersemat di salah satu model andalan pabrikan asal Jepang tersebut.

Lalu, dengan banderol hampir Rp 150 jutaan ini, masih layakkah generasi kedua Daihatsu Ayla ini disebut mobil murah?

Dijelaskan Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mobil ini masuk ke program pemerintah, Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), di mana penentuan batas harga dilakukan oleh pemerintah, bukan produsen.

"Pemerintah membaginya menjadi tiga batas harga, yaitu batas harga KBH2 standar, penambahan safety, dan teknologi. Dan dari tahun ke tahun, pemerintah juga melakukan evaluasi, dan kami sebagai produsen harus mengikuti batas tersebut," jelas Amelia Tjandra di sela-sela peluncuran New Astra Daihatsu Ayla di Sunter, Jakarta Utara, Jumat (7/4).

Dijelaskan wanita yang akrab disapa Amel ini, tidak ada satupun produsen yang tidak mengikuti batas harga yang ditentukan pemerintah tersebut. "Kalau tidak mengikuti, maka kami harus keluar dari program KBH2," tambahnya.

Jadi, jika dilihat secara harga, Daihatsu menjamin harga New Daihatsu Ayla ini masuk dalam batas harga yang ditentukan pemerintah untuk program KBH2 ini."Kalaupun ada pengertian ada spesial 10 persen pembebasan, bukan dinikmati oleh kami atau produsen, tapi oleh konsumen," tegasnya.

Sementara itu, Sudirman MR, Presiden Direktur PT ADM menilai, jika dilihat dari nama LCGC memang sudah salah arah, dan lebih baik saat ini menggunakan istilah KBH2. Bahkan, dalam PP Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 tentang pengembangan produksi KBH2, tidak ada istilah LCGC.

"Kalau dilihat tren kenaikan harga, antara kendaraan KB2 dan inflasi, dengan non KBH2 dan inflasi berapa perbandingan kenaikan harganya, itu yang mesti dipelajari. Makanya, yang masih terkontrol tetap kendaraan KBH2," pungkas Sudirman.

Tidak cuma Ayla, harga new Toyota Agya juga lebih mahal ketimbang pendahulunya. New Agya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 127,6 juta (varian 1.0 E MT) hingga Rp 151,9 juta (1.2 TRD AT).Sebagai pembanding, saat diluncurkan pada Oktober 2013 lalu, Agya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 99 juta hingga Rp 120 juta.

Artikel Selanjutnya
Mobil Murah Daihatsu Bisa Dipesan di GIIAS 2017, Berapa Harganya?
Artikel Selanjutnya
Mobil Termurah di GIIAS 2017 dari Merek-Merek Jepang