Sukses

Ini Perbedaan Mesin 1.0 L New Toyota Agya dengan Model Lawas

Liputan6.com, Jakarta - New Toyota Agya diperkenalkan ke publik Jumat (7/4) pekan lalu. Mobil ini sekarang dilengkapi mesin 1,0 liter dan 1,2 liter. Mesin 1,0 liter juga ada pada Agya lawas, yang pertama kali diperkenalkan pada 2013 lalu.

Meski ada satu mesin yang kubikasinya sama, namun PT TAM mengklaim bahwa sejumlah improvisasi telah mereka lakukan. Gandhi Ahimsaputra, Product Knowledge Head, Product Planning Division, PT TAM menjelaskan lebih jauh soal ini.

"Mesin 1.000 cc sebelumnya itu belum menggunakan VVT-i, yang baru sudah. Sehingga menambah tenaga sekira 1,7 Ps (1,67 Tk), juga konsumsi bahan bakar naik, sekarang jadi sekitar 22 kilometer per liter," ujar Gandhi kepada sejumlah wartawan.

Mesin 1.000 cc new Agya mengeluarkan tenaga 66 Tk, sementara mesin lawas tenaganya 64 Tk.

Gandhi mengatakan, menambahan VVT-i alias Variable Valve Timing – intelligent hanya pada mesin yang disematkan pada Agya, sementara Ayla, "saudara" Agya buatan Daihatsu, masih pakai mesin 1.000 cc lawas tanpa VVT-i.

"Mesin 1,0 liter hanya dipakai di Agya saja," tegas Gandhi. Sementara mesin 1,2 liternya, itu sama persis dengan milik Toyota Calya.

Selain lebih bertenaga, mesin ini juga diklaim lebih hemat bahan bakar. Menurut Gandhi, berdasarkan data pabrikan, konsumsi bahan bakar Agya mencapai 22 km/liter, sementara Agya lama di kisaran 21 km/liter.

"Memang tidak terlalu banyak (peningkatan konsumsi bahan bakar). Itu (hasil) pengujian di pabrikan. Tapi untuk pengujian aktual memang belum ada datanya," terang Gandhi.

Sebagai tambahan, VVT-i pada dasarnya adalah teknologi pada mesin yang berguna untuk mengoptimalkan torsi di setiap kecepatan dan kondisi mengemudi. Teknologi ini sudah diterapkan pada 1991, pada mesin Toyota 4A-GE lima silinder.

Artikel Selanjutnya
Pesona Mobil Diesel di GIIAS 2017
Artikel Selanjutnya
Tiga SUV 7-Seater Baru yang Mejeng di GIIAS 2017