Sukses

39 Tahun di Indonesia, Daihatsu "Tetaskan" 5 Juta Mobil

Liputan6.com, Karawang - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengukuhkan pencapaian produksi produknya yang menembus angka 5 juta unit. Unit tersebut terhitung sejak 1978 di mana Daihatsu untuk pertama kali hadir di Indonesia.

"Pencapaian produksi 5 juta unit merupakan milestone penting bagi ADM, dengan pendampingan dari DMC (Daihatsu Motor Company) di Jepang," ungkap Presiden Direktur PT ADM Sudirman MR di Research & Development Center Daihatsu, di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat‎, Senin (10/4/2017).

‎Menurut Sudirman, di usia ke-39, pencapain produksi 5 juta unit dilahirkan dari fasilitas perakitan kendaraan di Sunter‎ dan Karawang dengan total kapasitas produksi mencapai 530 ribu unit per tahun.

Tak hanya memproduksi kendaraan Daihatsu, PT ADM juga membuat untuk merek Toyota seperti Avanza, Rush, Agya dan Calya. Semua produk yang dibuat PT ADM juga diekspor ke-54 negara, dengan tujuan Asia, Afrika dan Amerika Latin.‎

Pencapaian produksi Daihatsu sebanyak 5 juta unit disumbangkan oleh produk Daihatsu sebesar 2.447.211 unit atau 49 persen dan merek Toyota 2.552.789 unit atau 51 persen. Secara total sejumlah mobil yang dibuat antara lain Xenia-Avanza, Terios-Rush, Gran Max, Luxio, serta beberapa produk sebelumnya seperti Taruna, Feroza, Espass, Zebra, Taft, Delta, Classy dan Charade.‎

Adapun mobil ke-5 juta unit yang dibuat adalah Daihatsu Sigra. ‎Sebelumnya, produksi ke-1 juta dan 2  juta unit adalah model Daihatsu Xenia, ke-3 juta unit model Daihatsu Alya, dan ke-4 juta Daihatsu Terios.

"Keberhasilan ini juga berkat dukungan para supplier, yang saat ini bekerjasama dengan 263 supplier komponen First Tier dan 1.315 supplier Second Tier dengan melibatkan sekitar 900 ribu tenaga kerja," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Rekor Muri‎

‎Pencapaian 5 juta unit produk Daihatsu ‎ternyata mampu menyedot perhatian khusus, sehingga Museum Rekor Indonesia (Muri) mengapresiasikannya sebagai 'Perusahaan Perakitan Mobil Pertama (di Indonesia) yang Mencapai Produksi 5 Juta Unit'.

Pendiri Muri, Jaya Suprana, ‎menyatakan sangat kagum dengan pencapaian Daihatsu karena mampu memproduksi hingga 5 juta unit dan belum pernah terjadi pencapaian tersebut di pabrikan otomotif lainnya.

"‎Kalau 5 juta unit ini artinya konsumen menyukai Daihatsu. Ini rekornya terlalu tinggi untuk saya, ‎karena itu saya berikan piagam penghargaan Muri dianugerahkan kepada 'perusahaan perakitan mobil pertama yang mencapai produksi 5 Juta unit' yaitu ‎Daihatsu‎," ungkapnya.

Artikel Selanjutnya
Penjualan Mobil April 2017 Merosot, Ini Daftarnya
Artikel Selanjutnya
Toyota Indonesia Catat Ekspor CBU 49.300 Unit di Kuartal 1 2017