Sukses

BMW Punya Motor Hybrid Berpenggerak Dua Roda

Liputan6.com, Jakarta - BMW Motorrad kembali berinovasi dengan dua teknologi sekaligus melalui model yang baru saja meluncur bernama R 1200 GS xDrive Hybrid. Dari namanya, kita tahu teknologi apa yang dimaksud.

Ya, motor ini mengadopsi teknologi hybrid. Selain mesin bensin, R 1200 GS xDrive Hybrid juga dilengkapi dengan motor listrik 33 kW di bagian roda depan. Dengan begitu, motor ini akan lebih tangguh melewati bentang alam apapun, termasuk perbukitan.

Motor listrik ini hanya menambah bobot keseluruhan sebanyak 880 gram saja. Energinya diperoleh dari sistem pengereman regeneratif. Saat motor direm depan, maka saat itu pula energi panas diubah ke listrik, disimpan, dan digunakan ketika butuh.

Sementara itu, mesin konvensionalnya sendiri adalah mesin 1.200 cc yang hasilkan tenaga 125 Tk pada 7.750 rpm dan torsi 125 Nm pada 6.500 rpm. Dengan ditambah motor listrik, maka motor ini tenaga maksimalnya jadi 170 Tk.

Menurut laman bmwgroup.com, dikutip Senin (10/4/2017), sistem yang demikian menjadikan BMW sebagai pabrikan otomotif pertama yang menerapkan sistem penggerak all-wheel drive dengan penggerak hybrid pada sebuah sepeda motor.

Dikatakan, teknologi ini sebetulnya pertama kali dikembangkan oleh BMW divisi kendaraan roda empat. Ini kemudian diadopsi oleh BMW Motorrad.

Lebih jauh, dikatakan bahwa motor ini bisa dioperasikan secara otomatis atau manual. Penggantian sistem transmisi dikontrol melalui switch 2WD di stang kiri.

Sayangnya tidak disebutkan di mana saja motor ini akan dijual. Namun yang jelas, basis motor ini, R 1200 GS Adventure, juga dijual di Indonesia dengan harga Rp 695 juta sampai Rp 737 juta, sehingga ada kemungkinan juga motor ini dijual di sini.

Artikel Selanjutnya
Begini Wujud Daihatsu Sirion Active Anyar, Kapan Meluncur?
Artikel Selanjutnya
208 Ribu Mobil Terakit Setiap Hari