Sukses

Top 3: Lubang Kecil Knalpot Sampai Yamaha R3

Berikut adalah tiga berita favorit kanal Otomotif Liputan6.com, kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa sepeda motor dilengkapi dengan lubang kecil yang ada di bagian bawah dekat silincer knalpot. Ini terutama terdapat pada sepeda motor lawas semisal Honda Karisma atau Yamaha Nouvo.

Bagian kecil yang terlihat tidak berguna ini ternyata ada manfaatnya, terutama untuk mencegah motor mogok karena mesin kemasukan air.

Lubang kecil ini menjadi artikel paling favorit kanal Otomotif Liputan6.com.

Selain itu, berita paling digemari lainnya juga soal Yamaya, sepeda motor imitasi Yamaha R6 asal Tiongkok. Di negara itu, ternyata banyak sepeda motor terkenal di dunia ditiru mentah-mentah oleh pabrikan lokal.

Berita populer lain adalah soal penghentian penjualan Yamaha R3 buatan Indonesia. Berikut ringkasan berita populer lainnya:

Kegunaan Lubang Kecil di Knalpot yang Tidak Anda Tahu

Saat sepeda motor digunakan kala hujan, bahkan hingga melewati genangan banjir, atau saat dicuci, knalpot motor berpotensi kemasukan air. Jika air ini masuk sampai bagian mesin, dapat dipastikan motor tidak akan hidup.

Namun hal ini mungkin tidak terjadi dengan adanya lubang kecil di bawah dekat silincer knalpot. Lubang yang tak banyak memperhatikannya. Baca selengkapnya di sini.

Motor-motor Imitasi Tiongkok

Sepeda motor imitasi buatan Tiongkok adalah hal yang konyol. Secara desain, ada model yang sama persis, tidak kurang satu apapun, dengan model dari pabrikan lain yang jauh lebih populer. Namun secara kualitas begitu buruk.

Ada pula yang tidak meniru secara utuh, namun kita tahu betul bahwa model tersebut meniru model yang sudah ada sebelumnya. Baca selengkapnya di tautan ini.

Penjualan Yamaha R3 Buatan Indonesia Dihentikan

Yamaha India resmi menghentikan motor sport R3 buatan Indonesia. Hal ini disebabkan karena sepeda motor ini tidak lagi kompatibel dengan standar emisi Bharat Stage (BS4, setara dengan Euro4). Motor ini hanya bisa sampai BS3.

Pemerintah India resmi melarang penjualan kendaraan BS3 pada 1 April lalu. Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini