Sukses

Toyota Pamer SUV 4x4 Berdesain Kotak, Penerus FJ Cruiser?

Liputan6.com, New York - Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota, akhirnya memamerkan mobil konsep terbarunya Toyota FT-4X di ajang New York Motor Show 2017.

Toyota FT-4X menjadi mobil yang mengusung system penggerak empat roda yang digadang-gadang menjadi suksesor FJ Land Cruiser yang disuntik mati pada tahun lalu.

Padahal, FJ Land Cruiser dikenal sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) tangguh yang mampu melibas jalur onroad maupun offroad.

Dilansir Car Advice, Kamis (13/4/2017), FT-4X dirancang oleh Toyota’s Calty Design Research Studio di California, yang diklaim mewakili nilai-nilai kesederhanaan, capability, durability dan tetap mempertahankan DNA Toyota.

Pada bagian desain eksterior, mobil ini mengusung desain bertemakan X, seperti pada bagian grill dan bumper depan, pelek berukuran 18 inci yang dibalut ban untuk semua musim buatan Goodyear berukuran 225/55.

Menurut Kevin Hunter, Presiden Toyota’s Calty Design Research Studio, FT-4X di desain untuk menjadi investasi Toyota yang memikirkan kendaraan jauh ke depan sehingga dapat memberikan hubungan emosional dengan mobil.

“The FT-4X bukan hanya sebuah konsep di mana hanya untuk memenuhi gaya, tetapi berfungsi sebagai pengalaman yang bijaksana, menarik, memberikan kesenangan dan kenyamanan nyata dalam perjalanan,”katanya.

FT-4X dibangun menggunakan platform Toyota New global Arsitektur (TNGA), yang juga digunakan Toyota pada sejumlah mobil baru seperti Camry, CH-R Crossover, ataupun Prius Hybrid.

Interior Toyotya FT-4X. (Car Advice)

Jika dilihat lebih seksama, mobil konsep ini hadir dengan desain campuran antara retro dan boxy. Namun demikian, mobil ini disebut memiliki fitur-fitur menarik seperti ‘Multi-Hatch’ tailgate, pintu yang dapat dibuka sebagai horisontal dan juga split, atau ke atas seperti bak truk.

Selain itu, pada bagian tengah mobil ini dilengkapi dengan kantong tidur yang desain hasil kerja sama The North Face.

Urusan jantung pacu, belum dapat dikonfirmasi. Akan tetapi bisa jadi bagian mesin diperkecil seperti menggunakan mesin empat silinder-berkapasitas 1,2 liter yang ditambah turbo, serta dikombinasikan dengan sistem penggerak 4×4.

Artikel Selanjutnya
Tampilan Sangar Honda Jazz Type R Goda Pecinta Kecepatan
Artikel Selanjutnya
Tiga SUV 7-Seater Baru yang Mejeng di GIIAS 2017