Sukses

Keren, Ilmuwan Kembangkan Bus Mirip Sepeda Motor

Bus dengan konsep mirip sepeda motor, itu diberi nama Siroco. Bus ini akan menggunakan enam roda sejajar yang akan tetap seimbang.

Liputan6.com, Ottawa - Seorang ilmuwan sekaliguas desainer asal Montreal, Kanada, Bing Xiao Liu, mendesain moda transportasi dengan inovasi terbaru, di mana sebuah bus dibuat dengan konsep mirip sepeda motor, yang disebut Siroco.

Disebutkan, desain bus tersebut terinspirasi dari sepeda motor yang memiliki roda dua. Hanya saja, sepeda motor tidak diperuntukan untuk ditunggangi lebih dari dua orang.

Menurut Liu, desain bus buatannya diharapkan dapat direalisasikan menggunakan enam roda yang berbaris lurus, dengan komposisi tiga di depan dan tiga di belakang.

Bus tersebut diklaim dapat melaju dengan cepat, namun tak memakan banyak jalan, serta hemat energi karena memiliki desain yang aerodinamis dan dibenamkan teknologi hybrid.

Dikutip Dailymail, Jumat (14/4/2017), agar tak mudah jatuh saat di jalan, bus Siroco akan menyematkan teknologi mirip teknologi Riding Assist Honda atau BMW Motorrad Vision. Ya, Bus Siroco akan menggunakan teknologi gyroscopic, sehingga bus akan tetap tegak meski melaju diberbagai kecepatan apapun.

Menurut dia, dengan teknologi tersebut bus dapat menyeimbangkan diri, meski titik berat penumpang tidak merata.

Bagian depan Siroco. (Bing Xiao Liu/ Imaginactive)

Posisi penyimpanan baterai juga dibuat di tempat yang dapat meningkatkan posisi pusat gravitasi bus.

Siroco diklaim mampu mengangkut 12 orang penumpang dengan dilengkapi berbagai kenyamanan termasuk kabin ber AC.

Bus ini juga akan disertai aplikasi canggih, seperti dapat membaca rute dan kecepatan selama perjalanan, meng-update kondisi lalu lintas dan jalan, serta membaca kondisi cuaca disekitar. 

Selain itu, bus ini juga disebut dapat digunakan untuk mengangkut penumpang antar kota dengan kondisi jalan yang sempit dan kurangnya transportasi umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini