Sukses

Keren, Ilmuwan Kembangkan Bus Mirip Sepeda Motor

Liputan6.com, Ottawa - Seorang ilmuwan sekaliguas desainer asal Montreal, Kanada, Bing Xiao Liu, mendesain moda transportasi dengan inovasi terbaru, di mana sebuah bus dibuat dengan konsep mirip sepeda motor, yang disebut Siroco.

Disebutkan, desain bus tersebut terinspirasi dari sepeda motor yang memiliki roda dua. Hanya saja, sepeda motor tidak diperuntukan untuk ditunggangi lebih dari dua orang.

Menurut Liu, desain bus buatannya diharapkan dapat direalisasikan menggunakan enam roda yang berbaris lurus, dengan komposisi tiga di depan dan tiga di belakang.

Bus tersebut diklaim dapat melaju dengan cepat, namun tak memakan banyak jalan, serta hemat energi karena memiliki desain yang aerodinamis dan dibenamkan teknologi hybrid.

Dikutip Dailymail, Jumat (14/4/2017), agar tak mudah jatuh saat di jalan, bus Siroco akan menyematkan teknologi mirip teknologi Riding Assist Honda atau BMW Motorrad Vision. Ya, Bus Siroco akan menggunakan teknologi gyroscopic, sehingga bus akan tetap tegak meski melaju diberbagai kecepatan apapun.

Menurut dia, dengan teknologi tersebut bus dapat menyeimbangkan diri, meski titik berat penumpang tidak merata.

Bagian depan Siroco. (Bing Xiao Liu/ Imaginactive)

Posisi penyimpanan baterai juga dibuat di tempat yang dapat meningkatkan posisi pusat gravitasi bus.

Siroco diklaim mampu mengangkut 12 orang penumpang dengan dilengkapi berbagai kenyamanan termasuk kabin ber AC.

Bus ini juga akan disertai aplikasi canggih, seperti dapat membaca rute dan kecepatan selama perjalanan, meng-update kondisi lalu lintas dan jalan, serta membaca kondisi cuaca disekitar. 

Selain itu, bus ini juga disebut dapat digunakan untuk mengangkut penumpang antar kota dengan kondisi jalan yang sempit dan kurangnya transportasi umum.

Artikel Selanjutnya
Motor Sport 250 Cc Terbaru Yamaha Dijual Rp 26 Jutaan
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Rem Blong dan Honda N-Box