Sukses

Solusi Otomotif: Gara-Gara Ganti Busi, Vario 125 Hilang Tenaga

Saya pengguna honda vario 125 Pgm-fi Tahun 2012 , saya pernah menggunakan busi racing sebagai pemercik bahan bakar. Ditahun pertama tidak ada kendala mesin ataupun sistem pembakarannya tapi setelah pergantian busi standard lagi mesin honda vario saya mengalami hilang tenaga ketika digas diawal atau seperti mau mati (brebet). Saya sudah service rutin tiap bulan dan minim pemakaian jarak tempuh. Saya cek ECU-nya di bengkel resmi honda tidak ada trouble. Tapi masih mengalami hilang tenaga ketika digas diawal. Terimakasih.

-- Nicho Handio Asti Pratama -- Medan, Sumatera Utara

Liputan6.com, Jakarta -  Dear Bang Nicho,

Kenapa setelah penggantian busi dari busi racing ke busi standar pada sepeda motor Vario 125 PGM FI 2012 mengalami hilang tenaga atau brebet?

Jawab:

Untuk kondisi  motor hilang tenaga, ada beberapa kemungkinan yang perlu diperhatikan di antaranya:

- Lakukan pemanasan awal pada saat motor hendak dijalankan.

- Kebiasaan penggunaan motor yang kurang tepat  (motor 4 tak) agar mencapai  performa yang baik/maksimal perlakukan memutar grip gas harus dengan bertahap/diurut dan tidak dilakukan hentakan secara cepat/mendadak.

- Coba lakukan penggantian busi Vario dengan No part: CPR9EA-9/U27EPR9 (busi dingin), supaya dapat memaksimalkan proses pembakaran sehingga akan diperoleh tenaga mesin yang optimal.  Dengan menggunakan busi  tersebut diharapkan mampu bekerja pada temperatur ruang bakar yang rendah  dan hal ini akan memberikan dampak pengendapan deposit karbon menjadi lebih cepat hilang.

- Lakukan pengecekan kondisi bahan-bakar untuk memastikan tidak terjadi kontaminasi.

Demikian informasi dari saya semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

 

Venus Adha


Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF

Nama :

Usia:

Lokasi :

Pertanyaan :

Nomor Telepon :

Alamat Lengkap :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

Artikel Selanjutnya
Mesin Honda Beat Tidak Bisa Hidup Tanpa Aki
Artikel Selanjutnya
Solusi Otomotif: Motor Tak Bertenaga di Tanjakan