Sukses

Ini 4 Model Pendongkrak Penjualan Honda

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan ketiga di tahun ini, penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM), sebagai agen pemegang merek (APM) Honda di Tanah Air, cukup memuaskan. Pabrikan berlambang huruf 'H' ini, secara total dari Januari hingga Maret, mampu membukukan penjualan sebesar 53.018 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pabrikan asal Jepang ini ditopang oleh empat model andalannya, yang berhasil memimpin di segmennya.

Model tersebut antara lain, all new Honda Civic yang mampu menguasai pangsa pasar hingga 77 persen di segmen small sedan, dengan penjualan total sebanyak 826 unit. Selain itu, new Honda Brio RS di segmen mobil perkotaan mampu meraih pangsa pasar hingga 51 persen, dengan total penjualan 2.210 unit.

Sedangkan untuk all new Honda Jazz juga masih 'nangkring' di posisi pertama segmen hatchback, dengan pangsa pasar sebesar 55 persen, atau total penjualan mencapai 5.299 unit.

Untuk segmen yang memang menjadi lahan kegemaran Honda, yaitu low sport utility vehicle (LSUV), menempatkan Honda HR-V 1.5L sebagai jawara di segmen tersbeut, dengan pangsa pasar 40 persen atau total penjualan sebesar 11.857 unit.

Meskipun menang telak di empat segmen itu, namun di segmen yang masih menjadi idola konsumen Indonesia, yaitu low multi purpose vehicle (LMPV), Honda Mobilio harus rela hanya berada di posisi kedua, di bawah Toyota Avanza. Total, penjualan Honda Mobilio hanya sebesar 14.204 unit atau menguasai pasar sebesar 20 persen.

Jumlah tersebut, sangat jauh jika dibandingkan dengan model 'sejuta umat' milik Toyota Astra Motor (TAM), dengan total penjualan hingga 35.713 unit atau menguasai pasar hingga 50 persen.

"Kami berharap tren penjualan positif ini, dapat berlanjut ke bulan berikutnya dan memberikan kontribusi besar dalam peningkatan penjualan Honda," jelas Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM, dalam siaran persnya, Jumat (14/4/2017).

Selain model andalannya tersbeut, Honda juga masih mendapatkan kontribusi penjualan dari new Honda Brio Satya sebanyak 8.342 unit, Honda BR-V 7.094 unit, dan Honda HR-V 1.8L 1.964 unit.

Selanjutnya, new Honda CR-V 1.124 unit, new Honda Accord 120 unit, new Honda Odyssey 44 unit, dan new Honda City 4 unit.

Artikel Selanjutnya
1 Miliar Mobil untuk 7 Miliar Orang di Bumi
Artikel Selanjutnya
Mengenal Varian Mesin Toyota yang Beredar di Indonesia