Sukses

Grand Theft Auto Jadi Arena Uji Coba Mobil Tanpa Sopir

Liputan6.com, California - Pengembang mobil tanpa sopir (otonomos), baik pabrikan konvensional atau perusahaan teknologi, tak punya banyak waktu untuk melakukan uji coba secara langsung. Belum lagi beragam aturan lalu lintas yang kadang membatasi.

Karenanya, simulasi di dunia maya menjadi penting. Dengan bermodal perangkat keras dan lunak, mereka berlomba membuat program uji coba. Namun di sini, pembuatan programpun ternyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Justru di sini yang menarik. Beberapa dari pengembang itu kemudian mengakalinya dengan menggunakan video game, khususnya Grand Theft Auto V (GTA V).

Anda yang pernah main tentu tahu, GTA V adalah game dimana tokoh utamanya berada di sebuah kota. Kota ini terdapat beragam infrastruktur sebagaimana kota di kehidupan nyata. Di sana ada mobil, truk, marka, hingga orang yang berlalu lalang.

Inilah yang dimanfaatkan pengembang. Kota di GTA V dapat dijadikan rujukan dan simulasi pengembangan mobil, terutama untuk melihat apa saja potensi yang bisa dialami sebuah mobil (tentu tanpa takut mengeluarkan biaya kerusakan).

"Hanya mengandalkan data dari jalan saja tidak praktis. Dengan simulasi, skenario yang sama bisa dijalankan lagi dan lagi untuk waktu yang tidak terbatas," ujar Davide Bacchet, dari Nio, startup yang juga sedang mengembangkan teknologi otonomos.

"Game adalah lingkungan virtual terkaya dimana kita bisa mengambil data," tambah Alain Kornhauser, profesor dari Princeton University.

Hingga sekarang, GTA V setidaknya telah dipakai oleh beberapa pihak. Sebagaimana dilaporkan Automotive News, sudah ada para ilmuwan dari Darmstadt University of Technology, Jerman, serta Intel Labs, yang melakukannya.

Pengembang GTA sendiri, Rockstar Games Inc, tak tinggal diam produknya "diotak-atik" pengembang mobil otonomos. Posisi mereka mendukung dengan terus mengembangkan game yang semakin mendekati realita.

Sekarang, game GTA sudah dilengkapi 262 jenis kendaraan, lebih dari 1.000 pejalan kaki dan hewan, 14 kondisi cuaca, jembatan, sinyal lalu lintas, terowongan, serta persimpangan yang jumlahnya tidak dapat diketahui pasti.

Artikel Selanjutnya
Urai Macet, Rusia Tawarkan Alternatif Mobil Otonomos
Artikel Selanjutnya
Syarat Mobil Tanpa Sopir Versi Hyundai