Sukses

Menarik Mana, Suzuki Ignis atau New Honda Brio?

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan mobil terbarunya, Suzuki Ignis. Model ini, diklaim oleh pabrikan asal Jepang ini adalah sebuah urban SUV, atau sub segmen di pasar SUV Tanah Air.

Namun, jika dilihat dari desain dan mesin, mobil ini merupakan city car yang memiliki aroma crossover yang cukup kental. Bisa dimaklumi, pasalnya di Indonesia pasar mobil sport utility vehicle alias SUV tengah naik daun, dan cukup digemari selain mobil keluarga alias MPV.

Jika berkaca dari segmentasi pasar yang sudah terbentuk di Tanah Air, Suzuki Ignis bakal bersaing dengan Toyota Etios, Kia Picanto, Nissan March, Mitsubishi Mirage, dan Honda Brio.

Nah, untuk kali ini Liputan6.com bakal membandingkan, antara New Honda Brio RS dan Suzuki Ignis. Mulai dari desain eksterior dan interior, mesin, fitur, serta harga yang memang tidak berbeda jauh.

Eksterior

Untuk Suzuki Ignis, mobil ini dikembangkan dengan platform baru bernama heartect, serta struktur bodi bernama total effective control technology. Kedua kombinasi ini diklaim membuat Ignis andal digunakan di jalan aspal maupun non aspal (offroad).

Suzuki Ignis hadir dengan dimensi panjang sebesar 3.700 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.690 mm, serta jarak sumbu roda sebesar 2.435 mm, dan ground clearance sebesar 180 mm. Suzuki Ignis, dilengkapi headlamp LED proyektor dengan DRL, foglamps, roof rails, lampu belakang kombinasi, dan pelek trapezoid 15 inci.

Sementara itu, untuk New Honda Brio RS memiliki panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm.

New Honda Brio RS dilengkapi side under spoiler, projector headlamp dengan LED light guide, power retractable door mirror dengan LED turning signal, rear glass garnish, side sill garnish, pelek alloy 15 inci, dan emblem RS.

1 dari 3 halaman

Next

Interior

Nah, untuk interiornya, Suzuki Ignis hadir dengan kesan lapang, modern, unik, dan futuristik dengan panel instrumen yang futuristik, serta cover jok yang stylish.

Untuk sistem hiburan, Suzuki Ignis dilengkapi dengan head unit dashboard. Namun sayang, kalau di India HU standar Suzuki Ignis sudah touchscreen, sedangkan untuk di Indonesia menjadi pilihan, dan konsumen harus membayar lebih untuk mendapatkan HU touchscreen.

Sedangkan New Honda Brio,  bagian interior didominasi warna hitam, jok semi bucket seat, dashboard dengan desain Honda Jazz, dan sistem hiburan berbasis layar sentuh 6,2 inci yang bisa mengakses konten audio dalam format DVD, CD, USB dan bisa terhubung ke iPod dan iPhone.

Mesin

New Honda Brio usung mesin i-VTEC 1,2 liter yang menjanjikan tenaga 89 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Mesin tersebut dipadu dengan transmisi manual lima percepatan, dan transmisi otomatis CVT lima percepatan.

Sedangkan Suzuki Ignis menggendong mesin bensin empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc, SOHC, dan variable valve timing. Mesin ini semburkan tenaga hingga 81,8 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Transmisi yang dipakai untuk mengakomodir mesin ini adalah manual lima percepatan, serta AGS.

2 dari 3 halaman

Next

Fitur

Untuk fitur, Suzuki Ignis dilengkapi banyak fitur, mulai auto climate control dan heater, serta fitur keselamatan seperti  pengereman ABS dan BA, dual SRS airbag, serta sabuk keselamatan yang telah dilengkapi pretensioner dan force limiter.

Sedangkan untuk New Honda Brio, fitur keselamatan meliputi mobil dibangun dengan rangka G-CON + ACE yang didukung side impact beam, pedestrian protection, dan dual front SRS airbag.

Harga

Untuk harganya, New Honda Brio RS manual dijual Rp 163 juta, Brio RS CVT Rp 178 juta.

Suzuki Ignis GL MT dibanderol Rp 139,5 juta, GX MT dan GX AGS masing-masing dibanderol Rp 159,5 juta dan Rp 169,5 juta.

Artikel Selanjutnya
Honda City Hybrid Meluncur, Kapan di Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Galeri Foto Honda Modif Contest 2017 Regional Jawa Barat