Sukses

Truk Nol Emisi dari Toyota

Liputan6.com, California - Di Indonesia, truk, apapun mereknya, identik dengan emisi yang tinggi, suara yang berisik, dan knalpot yang senantiasa mengeluarkan asap hitam pekat. Namun Toyota punya truk yang jauh dari kesan itu.

Truk heavy duty yang belum diberi nama ini, sebagaimana dilaporkan Automotive News, dilengkapi dengan mesin bertenaga hydrogen fuel-cell. Yang artinya, energi mobil ini berasal dari hidrogen yang dikonversi sedemikian rupa menjadi listrik.

Tidak ada gas buang jika menggunakan teknologi ini. Yang ada hanyalah tetesan air yang muncul bersamaan dengan listrik di fuel-cell stack.

Truk ini memang belum dijual di pasaran. Namun Toyota telah memastikan bahwa mereka akan menguji cobanya di jalanan umum. Proyek pengembangannya mereka beri nama "Project Portal", dan akan terus melakukan riset sampai mobil dibuat massal.

"Truk nol emisi akan jadi bagian dari studi tentang kelayakan dan potensi dan teknologi fuel-cell untuk diterapkan pada truk besar," ujar Toyota.

Toyota juga mengatakan bahwa ini adalah bagian dari proyek mereka melebarkan sayap penggunaan teknologi fuel-cell di kendaraan non penumpang. Selain truk, di Jepang mereka sudah memperkenalkan bus fuel-cell hydrogen.

Tidak disebutkan kapan persisnya truk ini akan diproduksi massal. Namun yang jelas, jika jadi, maka ini akan jadi truk pertama yang menggunakan teknologi fuel cell.

Ditambah, nampaknya truk ini baru akan dijual di negara-negara maju saja. Mengingat pengujiannya juga dilakukan di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Artikel Selanjutnya
Mitsubishi Fuso Pamer Truk Listrik, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Motor Roda Tiga Listrik, Cocok buat Emak-Emak Keliling Komplek