Sukses

Hyundai Santa Fe, Mobil Pertama Penjelajah Kutub

Hyundai Santa Fe berhasil jadi mobil penumpang pertama di dunia yang melintasi benua terdingin dan terkering di muka bumi, Antartika.

Liputan6.com, Antartika - Hyundai Santa Fe berhasil jadi mobil penumpang pertama di dunia yang melintasi benua terdingin dan terkering di muka bumi, Antartika. Santa Fe ini telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Melansir caradvice.com.au, Jumat (21/4/2017), perjalanan Santa Fe, dengan tiga mobil pendukungnya ini, adalah dalam rangka peringatan 100 tahun upaya Ernest Shackleton menjelajahi Antartika untuk pertama kalinya.

Sir Ernest Henry Shackleton, begitu nama lengkapnya, menjadi terkenal karena menjelajahi Antartika pada 1914 sampai 1916 menggunakan kapal Endurance.

Ekspedisi kali ini juga mengikutsertakan Patrick Bergel, cucu buyut Shackleton. Ekspedisi sendiri dipimpin oleh Gisli Jonsson dari Arctic Trucks, modifikator Santa Fe.

Lantas, apa kunci keberhasilan Santa Fe? Faktor penentunya ada pada ban. Arctic mengubah ban standar menjadi jauh lebih besar namun dengan tekanan yang rendah. Dalam hub roda juga terdapat roda gigi baru.

Jonsson mengatakan bahwa tekanan ban mobil ini hanya sekira sepersepuluh dari tekanan standar ban mobil biasa.

Dengan memperhitungkan pula medan yang terjal, sub frame juga diganti dengan yang baru, serta suspensi yang juga telah diatur sedemikian rupa.

Perubahan lainnya termasuk tangki bahan bakar yang lebih besar, jadi 230 liter, serta penambahan pre-heater untuk mengatasi suhu ekstrem. Sementara mesinnya sendiri masih standar pabrik, yaitu mesin Diesel 2,2 liter turbo.

Dengan modifikasi ini, Santa Fe melaju rata-rata sekira 30 km/jam, namun terkadang sampai 60 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.