Sukses

Merek-merek Supercar Terlaris 2016

Berikut adalah total penjualan dari beberapa pabrikan yang memproduksi supercar.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil super (supercar) adalah kendaraan tidak biasa. Secara klasifikasi, ia masuk ke dalam segmen mobil sport, namun performanya berada di atas-rata-rata. Kecepatan mobil ini bisa mencapai 300 km/jam.

Secara produksi, mobil jenis ini dibuat dengan jumlah terbatas. Dengan begitu menjadi wajar jika harganya menembus angka fantastis. Di Indonesia, karena pajak, harganya bahkan bisa mencapai puluhan miliar.

Tak heran jika kemudian tak banyak pabrikan yang membuat mobil seperti ini. Pabrikan mainstream seperti Honda dan Nissan sebetulnya juga membuatnya, namun ada pula pabrikan yang memang mengkhususkan diri membaut mobil super.

Beberapa di antaranya adalah Ferrari, Lamborghini, dan Bugatti.

Sayangnya, kita tidak bisa mengetahui berapa total penjualan per model dari merek-merek ini. Dengan begitu kita tidak bisa mengetahui secara akurat model supercar mana yang lebih laris ketimbang yang lain.

Pasalnya, itu tadi, ia dibuat terbatas sehingga meski ada permintaan, namun jika memang barangnya habis maka pabrikan tidak akan lagi membuatnya.

Selain itu, penyebab lainnya adalah di level dunia, tidak ada otoritas yang mendata total penjualan mobil dari masing-masing merek seperti apa yang dilakukan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tiap tahunnya.

Namun demikian, berdasarkan penelusuran sejumlah sumber, kita tetap bisa tahu total penjualan merek-merek tersebut. Berikut di antaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Lamborghini

Menurut laman huffingtonpost, Lamborghini adalah salah satu merek supercar terlaris di dunia. Tahun lalu mereka menjual 3.457 unit mobil. Ini adalah angka tertinggi sejak perusahaan ini berdiri 53 tahun yang lalu.

Pabrikan asal Bologna, Italia, yang berdiri pada 1963 itu hanya mengandalkan dua model untuk mencapai angka tersebut. Pertama mobil sepuluh silinder Huracan, dan Aventador.

Huracan terjual sebanyak 2.353 unit, angka terbesar sejak mobil ini pertama kali diluncurkan. Sementara Aventador sukses terkirim sebanyak 1.104 unit, di mana pasar terbesar mereka adalah Amerika Serikat (AS).

Porsche

Rekor juga dipecahkan oleh pabrikan lain, Porsche. Menurut laman resminya, disebutkan bahwa tahun lalu mereka mencatatkan penjualan sebanyak 237.778 unit kendaraan di seluruh dunia, naik enam persen ketimbang tahun sebelumnya.

Namun model terlaris bukanlah supercar, melainkan Macan. SUV ini terjual sebanyak 95.642 unit. Porsche memang tidak hanya membuat mobil super.

Mobil supernya meraih angka penjualan jauh di bawah itu. 718 Boxster misalnya, terjual 12.848 unit saja, sementara Cayenne terjual 70-an ribu unit, yang menempatkannya berada di posisi kedua model Porsche terlaris.

Ferrari

Ferrari juga mengalami kenaikan penjualan di tahun fiskal 2016, meski tidak mencatatkan rekor baru dibanding kompetitornya.

Pabrikan berlogo Kuda Jingkrak ini menjual 8.014 unit mobil, atau naik 4,6 persen dibanding tahun sebelumnya. Dua model terlaris mereka adalah Ferrari 488 GTB dan 488 Spider, meski tidak secara spesifik disebutkan berapa penjualannya.

McLaren

Menurut laman roadntrack, McLaren, pabrikan asal Inggris, menjual 3.286 unit mobil tahun lalu, atau naik hampir 100 persen dibanding tahun sebelumnya (1.654 unit). Angka ini hampir mencapai target, yaitu sebesar 4.000 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini