Sukses

Solusi Baru, Layanan Antar Bensin ke Rumah

Liputan6.com, New Delhi - Di waktu-waktu tertentu Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) sangat ramai oleh antrean kendaraan. Biasanya di waktu berangkat dan pulang kerja. Ini sepertinya terjadi di semua negara, termasuk India.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah India merancang sebuah kebijakan yang cukup unik. Mereka akan mengantarkan bensin ke rumah-rumah, layaknya layanan langganan koran, susu, atau seperti memesan makanan.

Kepada Times of India, Menteri Perminyakan India Dharmendra Pradhan mengatakan bahwa kebijakan ini juga dipengaruhi oleh tren e-commerce. Dalam jual beli online, produk yang sudah dipesan pasti akan diantar ke lokasi pemesan.

"Kami membawa bensin dan solar di portal e-commerce. Jadi pesan di portal, melakukan pembayaran, dan Anda menentukan kapan bahan bakar akan dikirim," ujar Pradhan.

Selain di kota, kebijakan ini nampaknya akan sangat diminati masyarakat pedesaan yang bekerja sebagai petani. Rumah-rumah mereka umumnya jauh dari SPBU.

Selain menguntungkan konsumen, kebijakan ini juga akan membuka lapangan kerja baru. Akan ada banyak orang yang bekerja sebagai pengantar bensin.

Lantas, apakah kebijakan ini akan aman? Menurut Pradhan, mereka akan mengantisipasinya dengan cara melakukan monitoring ketat oleh regulator keselamatan.

Tidak disebutkan kapan persisnya kebijakan ini akan diterapkan. Terlepas dari itu, nampaknya kebijakan ini juga akan menarik jika diterapkan di Indonesia, ya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • SPBU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

    SPBU

  • Bensin adalah minyak bumi yang mudah menguap dan mudah terbakar (dipakai sebagai bahan bakar mobil dan sebagainya).
    Bensin adalah minyak bumi yang mudah menguap dan mudah terbakar (dipakai sebagai bahan bakar mobil dan sebagainya).

    Bensin