Sukses

Pecah, Rekor Honda Civic Type R di Sirkuit Nurburgring

Civic Typer R anyar ini mencatatkan waktu 07 menit 43,80 detik untuk kategori mobil Front-Wheel Drive di Sirkuit Nurburgring Nordschleife.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi mobil yang paling tercepat tak hanya diwakili sosok supercar. Pasalnya, calon mobil terbaru buatan Honda, All New Civic Type R 2018, baru saja didapuk sebagai yang tercepat untuk kategori mobil Front-Wheel Drive (penggerak roda depan). Honda Civic Type R ini berada di kelas hot hatch merhasil menaklukkan di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Berdasarkan keterangan tertulis Honda, Selasa (25/4/2017) Civic Typer R anyar ini mencatatkan waktu 07 menit 43,80 detik. Angka tersebut diklaim lebih cepat tiga detik dibandingkan pemegang rekor sebelumnya.

Dalam pengujian tersebut, Honda masih menggunakan tipe standar yang sesuai spesifikasi pada versi mobil produksi massal. Hanya saja, ada beberapa modifikasi yang dilakukan. Namun demikian itu tetap sesuai standar keselamatan balap.

Menurut Ryuichi Kijima, Chassis Engineer Honda All New Civic Type R (FK8), kecepatan mobil tersebut tak luput dari bobotnya yang lebih ringan 16 kliogram dibanding model sebelumnya. Dengan demikian, respon mobil tersebut lebih baik namun tetap stabil ketika melibas tikungan.

“Penggunaan suspensi New Multi-Link Rear Suspension juga memberikan stabilitas yang lebih baik saat pengereman, serta mengurangi gejala body roll. Hal ini memungkinan untuk melakukan late braking ketika mobil memasuki sudut tikungan serta menghasilkan cornering speed yang lebih baik,” ungkap Kijima.

All New Civic Type R sendiri jika diperhatikan memang mengalami perubahan. Terlihat dari desain dengan penggunaan Sporty Front Grill, Sporty Front & Rear Bumper, Sporty & Rear Lower Bumper, Sporty Bonnet, Front & Rear Fenders serta Sporty Alloy Wheel.

Untuk sistem pengeremannya, All New Civic Type R menggunakan paket sistem pengereman dari Brembo.

Sedangkan untuk jantung pacu, mobil ini telah dibekali mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology berkapasitas 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 315 Tk dan torsi 400 Nm.

Dikawinkan dengan 6 percepatan manual. All New Civic Type R juga memiliki fitur baru berupa tombol “+R” yang memberikan sensasi berkendara ekstrim pada pengemudi.

Sekadar informasi, All New Honda Civic Type R (FK8) akan mulai memasuki tahap produksi massal pada musim panas 2017. Mobil tersebut diproduksi di pabrik Honda di Swindon, Inggris.

Rencananya All New Civic Type R akan mulai dijual terlebih dahulu di benua Eropa dan setelah itu diekspor ke berbagai kawasan lainnya seperti Amerika Serikat dan Asia termasuk Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.