Sukses

MPV Nissan Buatan Pabrik Mitsubishi Meluncur 2019

Petinggi Mitsubishi mengatakan bahwa mobil MPV Nissan akan mereka buat pada 2019.

Liputan6.com, Bekasi - Aliansi antara Nissan dan Mitsubishi akan kelihatan hasilnya tak lama lagi. Aspek kuncinya adalah pabrik baru Mitsubishi yang berdiri di kawasan industri di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik yang dapat memproduksi 160 ribu unit mobil per tahun ini disebut bakal memproduksi mobil MPV dengan emblem Nissan. MPV ini sendiri dibangun dengan menggunakan platform small MPV Mitsubishi.

Trevor Mann, Chief Operating Offier (COO) of Mitsubishi Motors yang khusus datang ke Indonesia dalam rangka peresmian pabrik baru, mengatakan bahwa pada mulanya usulan pembangunan dengan platform yang sama berawal dari Nissan.

"Mereka bilang, bagaimana kalau kerja sama dengan pengembangan platform yang sama? Kami jawab ya," ujarnya.

Lalu, jadilah kesepakatan itu. Mann mengatakan, meski dibangun dengan plaftorm yang sama, namun Nissan tetap melakukan riset, misalnya seperti apa desain yang paling sesuai. "Dua sampai tiga tahun (muncul). Kemungkinan besar 2019," terangnya.

Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa jenis kolaborasi keduanya tidak sama dengan model Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang cenderung hanya "rebadge" saja.

Ini bukan kali pertama keduanya memutuskan akan berbagi plaftorm sejak resmi beraliansi pada akhir tahun lalu. Mereka, misalnya, telah terlebih dulu mendiskusikan kemungkinan pembangunan pikap bersama dengan platform yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini