Sukses

Jangan Cari Lagi Honda CR-V Transmisi Manual

Tiga varian Honda CR-V baru hanya dilengkapi transmisi CVT. Ke mana yang manual?

Liputan6.com, Jakarta - Tiga varian Honda CR-V yang baru meluncur kemarin (27/4), 2,0 liter, 1,5 liter Turbo, dan 1,5 liter Turbo Prestige, seluruhnya dilengkapi dengan sistem transmisi continuously variable transmission atau CVT.

Transmisi ini praktis menggantikan transmisi manual (MT) yang sebelumnya dijajakan menemani transmisi lainnya. Hal ini bukan tanpa sebab. Transmisi tersebut dinilai tidak menguntungkan bagi perusahaan asal Jepang itu.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan bahwa satu-satunya alasan perusahaan menghilangkan transmisi itu adalah angka penjualan yang kecil.

"Dari story penjualan kami, CR-V transmisi manual kecil sekali. Kurang dari lima persen," ujarnya di booth HPM di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dihelat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Ini terkonfirmasi melalui data Gabungan Industri Kendaraa Bermotor Indonesia (Gaikindo). Sepanjang tahun lalu, CR-V 2,0 MT terjual sebanyak 768 unit dari total penjualan sebesar 7.853 unit, atau setara 10 persen.

Sementara varian terbesar adalah CR-V 2,4 AT Prestige, yang mencapai 3.099 persen atau setara 39 persen total penjualan.

Jonfis menilai, kondisi ini tidak merugikan. Justru ini adalah cerminan dari kebutuhan masyarakat yang ingin kendaraan dengan lebih fungsional, meski harganya lebih mahal. "Konsumen memang beralih ke CVT karena lebih fungsional," terangnya.

All new Honda CR-V dilepas mulai Rp 432 juta sampai Rp 506 juta. Ada tujuh varian warna yang dijajakan, di antaranya crystal black pearl, modern steel metalic, lunar silver metallic, white orchid pearl, dan passion red pearl.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.