Sukses

Perang Duo SUV Lokal, Mana Lebih Layak Dibeli?

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, dijadikan tempat berbagai model baru hadir. Salah duanya adalah peluncuran duo sport utility vehicle (SUV) anyar dari dua pabrikan, yaitu Honda dan Mitsubishi.

Dua model ini cukup menarik untuk dibahas, kenapa? karena baik PT Honda Prospect Motor (HPM), dengan Honda CR-V tujuh penumpang, serta PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dengan Pajero Sport 4x2 Dakar Ultimate lokal, sepertinya tahu betul kebutuhan konsumen di Indonesia.

Untuk all new Honda CR-V, kini hadir dengan konfigurasi tujuh penumpang. Sesuai dengan karakter konsumen di Tanah Air, yang menginginkan kendaraan fungsional. Sementara untuk Mitsubishi Pajero Sport 4x2 Dakar Ultimate, kini sudah diproduksi di dalam negeri dengan fitur tambahan, serta harga yang ternyata tidak lebih murah.

Dari kedua SUV lokal ini, mana yang paling layak untuk dimiliki? Nah, kali ini Liputan6.com coba mengupas habis dua SUV ini, mulai dari eksterior, interior, fitur, dan tentu saja harga.

Eksterior

Untuk eksteriornya, Pajero Sport Ultimate hadir dengan penyegaran minor, headlamp dilengkapi LED plus tailgate spoiler.

Sementara untuk all new Honda CR-V, headlamp sudah dilengkapi dengan full LED headlight dengan LED DRL, foglamp LED. Ada juga yang baru, wide fender, pelek alloy berukuran 18 inci, tailgate spoiler, shark fin antenna, rear wiper, dan lampu belakang LED light bar.

1 dari 3 halaman

Next

Interior

Sedangkan untuk interiornya, Mitsubishi Pajero Sport lokal sudah dilengkapi trim dan seat dengan material kulit, berwarna dasar beige, serta panel berwarna dark brown wood. Sementara itu, untuk head up display berukuran 9 inci, dengan dual zone AC.

Untuk all new Honda CR-V interiornya sudah  dilengkapi dashboard dengan wood panel, dual zone auto AC, leather wrapped shift knob, hands free telephone switch, audio steering switch, cruise control, one push ignition system, setir dengan tilt dan telescopic, delapan speaker, modern meter cluster dengan multi information LCD, dan konsol tengah dengan panel kayu.

Mesin

Nah, untuk performanya, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate dipersenjatai dengan mesin 4N15 berkapasitas 2,4 liter MIVEC Turbocharged dan Intercooled. Dengan mesin tersebut, model ini mampu menghembuskan daya hingga 178,4 Tk pada putaran 3.500 rpm, dengan tosi maksimum sebesar 430 Nm pada putaran 2.500 rpm.

Sedangkan untuk All New Honda CR-V dilengkapi dengan dua pilihan mesin, yaitu 2,0 liter dan 1,5 liter turbo. Untuk 1.5L, dibekali dengan mesin DOHC 1,5 liter  VTEC turbo, empat silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo dan DBW. Mesin ini mampu menghembuskan daya hingga 188 Tk dengan torsi 240 Nm.

Untuk model 2.0L dipersenjatai dengan mesin SOHC i-VTEC berkapasitas 2,0 liter, empat silinder segaris, 16 katup. Mesin tersebut mampu menghembuskan daya 151 Tk pada 6.500 rpm, dengan torsi maksimum sebesar 189 Nm pada 4.300 rpm.

2 dari 3 halaman

Next

Fitur

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate, dijejali dengan 7 fitur canggih, seperti FCM (Forward Collision Mitigation System) atau Sensor Pengereman Otomatis, BSW (Blind Spot Warning) atau sensor kendaraan tak terlihat, dan UMS (Ultarasonic Mis-acceleration Mitigation System) atau sensor stop otomatis.

Sedangkan untuk fitur keselamatan, model ini dilengkapi  SRS Airbags & Passenger Airbag Indicator, CC (Adaptive Cruise Control) atau Sensor Kecepatan Adaptif, Roof Monitor 9 inchi, dan Center Door Lock Button & Power Window Switch Ilumination.

Sedangkan all new Honda CR-V, dipasangkan fitur keselamatan, berupa enam airbags untuk tipe 1.5L Prestige, dan untuk 1.5L turbo dan 2.0L masih dilengkapi dual SRS airbags, emergency stop signal, hill start assist, ABS, EBD, BA, dan VSA.

Harga

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate dibanderol  Rp549 juta (OTR Jakarta), sementara Dakar 4x4 Rp634 juta, Dakar 4x2 Rp505 juta, Dakar Exceed 4x2 AT Rp458 juta, Dakar Exceed 4x2 MT Rp447 juta, dan GLX MT Rp504 juta.

All new Honda CR-V dibanderol Rp 432 juta untuk tipe 2.0L, Rp 466 juta untuk 1.5L Turbo, dan Rp 506 juta untuk tipe 1.5L Turbo Prestige.

 

 

Artikel Selanjutnya
Ini Merek Mobil yang Paling Memuaskan Orang Amerika
Artikel Selanjutnya
Bagaimana Kalau BMW Buat Motor Cruiser Lagi?