Sukses

Sejumlah Desain Toyota Karya Orang Indonesia, Apa Saja?

Toyota secara khusus membuat divisi C&A Planning and Design Department untuk mengembangkan produk yang dipasarkan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak banyak yang menyadari mobil-mobil merek Toyota di Indonesia juga diracik di Tanah Air. Bahkan, sejak 2006, PT Toyota-Astra Motor selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia secara khusus membentuk tim C&A Planning and Design Department.

Divisi ini mengembangkan komponen (parts) lokal yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia dan telah disetujui prinsipal di Jepang, Toyota Motor Corporation (TMC).

Menurut Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto pencapaian divisi Product Planning & Development di antaranya telah mengembangkan sejumlah kendaraan untuk show model seperti Toyota Agya Kojo, Yaris Heykers, Yaris Legian dan Veloz Tigre.

“Salah satu yang telah dibuat adalah Yaris Heykers dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Terlihat dari kontribusinya sekitar 50 persen dari total penjualan Yaris,” ungkap pria yang akrab disapa Soerjo di sela pameran IIMS 2017, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, Soerjo mengatakan desain komponen lokal sejak 2006 seperti desain pertama front grille ornament untuk Toyota Vios. Setelah itu beberapa desain lokal parts lainnya, yakni Agya, Etios, Avanza, Rush, Sienta, Innova dan Fortuner.

Sementara itu Chief Designer TAM, Donny Adhi Yuwono menuturkan, saat ini sekitar 2.600 komponen lokal telah berhasil didesain dan diproduksi untuk meningkatkan Total Ownerhip Benefit bagi pelanggan Toyota.

Komponen itu antara lain digunakan pada line up Avanza Luxury, Yaris TRD Sportivo, Innova Luxury, NAV-1 V Grade, Rush TRD Sportivo, Sienta Q Grade, Agya TRD S, Yaris TRD Sportivo, Vios dan Etios TOM’S.

“Semua line up itu memberikan kontribusi signifikan kepada penjualan di masing-masing segmen,” kata Donny.

Sejumlah komponen yang dikembangkan TAM telah berhasil diekspor ke beberapa negara melalui 4 produk Toyota yaitu; Innova, Fortuner, Yaris dan Agya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini