Sukses

Mobil Porsche Sanggup Tarik Pesawat Terbang, Ini Buktinya

Porsche Cayenne sukses memecahkan rekor dunia dengan mengerek pesawat terbang seberat 285 ton.

Liputan6.com, Paris - Mobil buatan Jerman, Porsche Cayenne, resmi mencatatkan diri di Guinness World Record sebagai mobil produksi massal pertama yang berhasil menarik sebuah pesawat terbang yang bobotnya mencapai 285 ton.

Melansir autoexpress.co.uk, Rabu (3/5/2017), Cayenne S Diesel sukses menarik Airbus A30 sepanjang 42 meter. Pemecahan rekor dilakukan di Paris Charles de Gaulle Airport, Paris, Perancis. Pemecahan rekor dilakukan dihadapan publik.

Airbus A30 adalah pesawat terbang yang sangat besar. Sebagai gambaran saja, burung besi tersebut memiliki 516 kursi.

Sementara Cayenne-nya sendiri yang dipakai adalah yang varian mesin Diesel 4,1 liter V8 twin-turbo. Mesin ini hasilkan tenaga 385,2 Tk dan torsi 850 Nm.

Sang pengendara bernama Richard Payne, teknisi Porsche GB. "Kamis biasanya tidak sejauh ini dalam mengetes batas mobil, tapi saya pikir hari ini kami sangat dekat dengan itu," ujarnya, sesaat setelah rekor terpecahkan.

Pemecahan rekor ini sekaligus mengalahkan rekor sebelumnya yang dipecahkan pada 2013 lalu. Saat itu rekor dicatatkan oleh Nissan Patrol, yang berhasil menarik pesawat 170 ton. Cukup jauh jika dibanding dengan yang dipecahkan Cayenne.

Porsche sendiri bukan kali pertama memecahkan rekor dunia. Tahun 2008 lalu misalnya, pabrikan mobil berperforma ini memecahkan rekor parade Porsche terbesar di dunia di Jerman, dengan mobil sebanyak 2.325 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.