Sukses

Suzuki Daftarkan Paten Mesin Motor Pakai Turbo

Liputan6.com, California - Suzuki mengajukan paten baru untuk sepeda motor di US Patent Office, Amerika Serikat (AS). Pada paten ini, digambarkan sebuah mesin yang dilengkapi dengan perangkat turbocharger.

Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang "membalik" gas buang kembali ke dalam mesin agar tekanan udara yang memasuki ruang bakar semakin terkompresi. Implikasinya, mesin akan punya tenaga yang lebih besar.

Melansir visordown.com, Suzuki menyebut mesin baru ini dengan nama EX7. Dikatakan, EX7 adalah mesin dengan kapasitas 600 cc.

Lebih jauh, dikatakan bahwa mesin ini terlihat mirip dengan mesin konsep yang pernah diperkenalkan di salah satu ajang otomotif di Tokyo beberapa tahun lalu.

Sayangnya pada lembar paten itu tidak disebut berapa perkiraan tenaga yang bisa dihasilkan. Tapi nampaknya, tulis visordown, ia bisa menyemburkan tenaga lebih dari 100 Tk, sangat besar untuk skala sebuah sepeda motor.

Paten ini sekaligus membuktikan ucapan Presiden dan CEO Suzuki, Toshihiro Suzuki, akhir tahun lalu. Saat itu mereka mengatakan bahwa pengembangan turbo di sepeda motor adalah salah satu bagian dari rencana masa depan mereka.

"Turbo adalah bagian dari rencana masa depan Suzuki, dan begitu juga sepeda listrik," ujar Suzuki kala itu, kepada motorcyclenews.com.

Artikel Selanjutnya
New Suzuki Swift Sport Rilis September
Artikel Selanjutnya
Deretan Senjata New Honda Jazz Buat Lawan Toyota Yaris