Sukses

Motor Jawa Kini Sudah Pakai Mesin 4 Tak Injeksi

Liputan6.com, Praha - Merek ikonis tak melulu bicara soal originalitas. Terkadang, ia terpaksa harus menyesuaikan diri dengan keadaan yang telah berubah semata agar tidak tenggelam dan gulung tikar.

Itulah yang baru saja dilakukan oleh Jawa, merek ikonis asal Ceko yang telah berdiri sejak 1929. Mereka baru saja meluncurkan sepeda motor empat tak.

Baru-baru ini, di negeri asalnya, Jawa meluncurkan motor empat tak yang diberi nama 350 OCH. Demikian sebagaimana dilaporkan drivespark, dikutip Rabu (3/5/2017).

Selain itu, 350 OHC menggendong mesin 397 cc injeksi satu silinder yang telah sesuai dengan regulasi Euro4. Mesin ini sendiri bertenaga 27,7 Tk dan torsi 30,6 Nm, serta disandingkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Mesin ini tidak mereka buat sendiri, melainkan dibuat oleh pabrikan asal Tiongkok bernama Shineray.

Selain mesin, pengadopsian teknologi modern juga terlihat di sistem keselamatan. 350 OHC telah menggunakan sistem pengereman ABS.

Meski di sektor mesin ia telah beradaptasi dengan zaman, dalam hal desain, unsur klasik tetap dipertahankan. Sebagaimana terlihat pada gambar di atas, secara umum desainnya mirip seperti motor-motor Honda zaman dulu.

Soal harga, 350 OHC dibanderol 99.930 koruna (mata uang Ceko) atau setara dengan Rp 54 juta (kurs: Rp 539/koruna).

Peluncuran model baru Jawa tak terlepas dari akuisisi yang dilakukan oleh pabrikan asal India, Mahindra & Mahindra, tahun lalu. Sebelum diakuisisi, Jawa hampir saja gulung tikar karena produknya kurang kompetitif dan kurang modal.

Artikel Selanjutnya
Jawa Motors, Bermula dari Jerman Berlabuh di Republik Ceko
Artikel Selanjutnya
Daftar Motor Keren Bermesin 100 Cc ke Bawah