Sukses

Mobil Nissan Bisa Bikin Ponsel Tak Berfungsi

Liputan6.com, London - Dalam rangka melawan kebiasaan buruk menggunakan ponsel kala mengemudi, Nissan Motor mengembangkan alat yang dapat "memblokir" sinyal.

Melansir autoexpress.co.uk, Kamis (4/5/2017), alat yang diberi nama Signal Shield ini bentuk konsepnya dipamerkan di dalam mobil Juke. Signal Shield sebetulnya merupakan pelapis yang ditanamkan di armrest samping pengendara.

Jika ponsel dimasukkan ke kompartemen itu, perangkat akan bekerja dengan menghalangi semua sinyal seluler, Bluetooth, dan WiFi.

Memang cara kerjanya mirip seperti ketika mematikan ponsel. Namun menurut Nissan, banyak pengendara yang tidak mau repot melakukan itu. Makanya mereka berinovasi dengan membuat ponsel tidak terkoneksi meski keadaan tetap standby.

Perangkat ini dibuat karena Nissan gelisah dengan kepedulian pengendara motor. Mereka merujuk pada riset RAC. Di sana, disebutkan bahwa ada peningkatan dari 8 persen jadi 31 persen pengemudi yang mengaku pernah memainkan ponsel kala berkendara.

Bukan hanya pesan atau panggilan masuk saja yang dapat mendistraksi fokus pengendara. Riset itu juga menemukan kalau pengendara akan melirik ponsel mereka jika ada notifikasi masuk, entah dari apapun itu.

Nissan Signal Shield sangat mungkin akan dibuat secara massal di masa depan. Namun begitu, memang belum diketahui kapan persisnya.

Artikel Selanjutnya
Di Masa Depan, Atur Jok Baris Belakang Tak Lagi Repot
Artikel Selanjutnya
5 Fungsi Airplane Mode yang Menguntungkan saat di Darat