Sukses

Mitsubishi Pajero Sport Lokal Punya Fitur Anti Kantuk

Mitsubishi Pajero Sport 4x2 Dakar Ultimate memiliki fitur anti ngantuk. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sebagai agen pemegang merek Mitsubishi di Tanah Air, resmi menghadirkan Pajero Sport 4x2 Dakar Ultimate.

Sport utility vehicle (SUV) andalan pabrikan berlambang tiga berlian ini, kini sudah diproduksi lokal, di pabrik perakitan baru Mitsubishi di kawasan GICC, Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Model ini hadir dengan berbagai tambahan fitur keselamatan.

Salah satu fitur keselamatan yang menarik adalah FCM (Forward Collision Mitigation System), atau Sensor Pengereman Otomatis.

Fitur keselamatan ini, mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan yang terdeteksi oleh radar FCM dengan cara mengatur sistem pengereman dari kendaraan.

Dijelaskan Boediarto, Head of Technical Service Dept PT MMKSI, teknologi ini tergolong fitur keselamatan aktif. Memang ketika pertama mengaktifkan fitur tersebut, dengan kebiasaan berkendara yang sudah terbentuk saat ini pasti akan terganggu.

"Ketika saya mencoba mobil ini selama seminggu, memang awalnya ganggu. Tapi, jika sudah tahu manfaatnya, kita akan tertib lalu lintas. Begitu juga saat kita ngantuk, kalau ada yang rem mendadak pasti fitur ini bekerja dan hilang ngantuk kita," jelas Boediarto, di booth Mitsubishi IIMS 2017, Kamis (4/5/2017).


Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate dilengkapi fitur FCM (Forward Collision Mitigation System), atau Sensor Pengereman Otomatis. (Arief/Liputan6.com)

Lanjut Boediarto, kebiasaan mengendarai mobil dengan mepet-mepet juga akan berubah saat mengaktifkan fitur FCM ini. "Kita harus menjaga jarak antara mobil kita dan di depan, namun dengan adanya fitur ini kita harus lebih mundur atau mengurangi gas," tambahnya.

Fitur FCM ini juga bisa diatur, mulai dari far, medium, close, dan non aktif. Disebutkan, mode far FCM aktif pada jarak 10 meter dengan kendaraan di depan. Untuk mengatur fitur FCM ini, tombolnya berada samping kemudi sebelah kanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.