Sukses

Oli Motor Sering Rembes, Berapa Ongkos Perbaikannya?

Oli mesin bocor atau rembes biasanya karena bagian paking atau gasket durability telah habis.

Liputan6.com, Cibinong - Para pemilik motor kerap mengeluh karena pada bagian mesin terlihat sering kotor. Ternyata, kotoran yang menempel di mesin disebabkan rembesan oli yang kebocoran.

Menurut Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, oli bocor atau rembes biasanya karena bagian paking atau gasket durability telah habis.

“Bisa juga dikarenakan baut-baut sudah ada yang aus atau slek,” ungkap Herman saat ditemui Liputan6.com, Kamis (4/5/2017).

Kebocoran biasanya terjadi karena beberapa faktor. Selain umur, bisa juga bagian ini karena adanya keretakan yang disebabkan mesin terlalu panas.

Penggantian paking sendiri bervariasi, tergantung jenis motor apa yang mengalami masalah. Soal harga paking, biasanya dibanderol antara Rp 100 ribu sampai Rp 250 ribu.

Kebocoran oli mesin terkadang dianggap sepele. Padahal, jika oli mesin berkurang drastis tidak menutup kemungkinan mesin akan tiba-tiba mati.

Hal ini tentunya bisa menjadi sinyal buruk bagi mesin kendaraan, karena dapat berakibat turun mesin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.