Sukses

Furion M1, Sepeda Motor Bermesin Rotari

Furion M1, sepeda motor Perancis bermesin rotari.

Liputan6.com, Paris - Mesin rotari dikenal masyarakat karena pengembangan dan aplikasi yang dilakukan oleh Mazda Motor. Ia kemudian jadi inspirasi pabrikan lain, termasuk yang mengembangkan sepeda motor ini.

Salah satunya adalah Furion, startup asal Perancis. Mereka sukses mengembangkan motor bermesin rotari bernama M1. Penggunaan rotari sendiri disebabkan karena ia dianggap punya banyak keunggulan, salah satunya adalah mesinnya kecil dan ringan.

Di atar kertas, Furion M1 dilengkapi dengan mesin 654 cc bertenaga 125 Tk pada 9.000 rpm dan torsi 105 Nm pada 6.000 rpm.

Menariknya, mesin ini dirancang untuk bekerja bersamaan dengan motor listrik yang bertenaga baterai lithium-sulphur. Baterai ini keluarkan tenaga setara 55 Tk dan torsi 100 Nm. Hasilnya, tenaga M1 mencapai 180 Tk dan torsi 205 Nm.

Angka tenaga dan torsi ini disebut sangat mengesankan, apalagi dengan bobot M1 yang diklaim hanya 209 kg.

Di luar mesin, Furion M1 juga merupakan motor yang sangat sporti. Ia dilengkapi dengan suspensi upside-down berdiameter 43 mm yang dapat disesuaikan. Tangki bahan bakarnya mampu menampung hingga 16 liter bensin.

Dengan satu tangki penuh, M1 dapat menjelajah sampai 400 km. Angka ini sangat jauh jika dibandingkan motor sport lain.

Sayangnya motor ini belum diproduksi massal. Masalahnya, sebagaimana masalah-masalah startup pada umumnya, adalah kekurangan dana. Untuk itu, langkah terdekat mereka adalah mengumpulkan dana publik agar motor ini bisa benar-benar dibuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.