Sukses

Pemerintah Beijing Buang 180 Ribu Mobil

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah Beijing, Tiongkok, membuang 180 ribu kendaraan tua dan berpolusi tinggi dalam empat bulan pertama 2017. Ini dilakukan dalam rangka meminimalisir polusi udara yang semakin menggila.

Dilaporkan Reuters, ini adalah langkah awal mereka. Sejak 2013 sampai akhir 2017 nanti, mereka berencana membuang sampai 1 juta mobil tak layak jalan. Butuh 300 ribu unit lagi sampai target tersebut tercapai.

Beijing Municipal Environmental Protection Bureau mengatakan bahwa di jalanan kota sekarang berseliweran sampai 5,7 juta unit mobil. Angka ini menyumbang setengah dari total emisi nitrogen oksida yang ada di sana.

Foto di atas misalnya, adalah gambaran sesungguhnya dari Beijing. Gambar yang diambil pada Februari lalu menunjukkan jalanan Fourth Ring Road yang tertutupi asap tebal.

Proyek ini juga dilakukan dalam rangka memenuhi rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization, WHO). WHO menilai konsentrasi mikroorganisme per meter kubik tak boleh lebih dari sepuluh.

Sementara rata-rata mikroorganisme di Beijing per meter kubik mencapai 95. Masih jauh dari standar.

Pemerintah kota mengatakan bahwa setidaknya melalui proyek ini di akhir tahun angka mikroorganisme dapat ditekan sampai 60 saja.

Selain mengeliminir mobil-mobil berpolusi tinggi, pemerintah Tiongkok juga terus mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Salah satu yang paling digalakkan adalah mobil listrik. Salah satu kebijakan mereka adalah pemberian subsidi. 

Artikel Selanjutnya
Tertinggal Jauh, Toyota Siapkan Baterai Mobil Listrik Canggih
Artikel Selanjutnya
Federal Oil Pantang Mundur Resmikan Pabrik Baru