Sukses

Daftar Motor Keren Bermesin 100 Cc ke Bawah

Sebelum tahun 2000, banyak motor-motor dengan kapasitas mesin kurang dari 100 cc.

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini sejumlah pabrikan otomotif dunia yang menjajakan sepeda motornya di Indonesia berlomba menawarkan produk dengan kapasitas mesin lebih besar.

Hal ini dilakukan dengan alasan banyaknya permintaan konsumen yang menginginkan sepeda motor berperforma dahsyat.

Namun kenyataanya, sebelum tahun 2000, sejumlah sepeda motor di Indonesia banyak yang dibenamkan dengan kubikasi minim, yaitu tak lebih dari 100 cc.

Kendati mesin kecil, motor-motor tersebut tergolong paling kece dan popular di masanya.

Perlu diketahui, untuk membeli sepeda motor tidak semudah seperti saat ini, karena kala itu tidak banyak bank ataupun perusahaan pembiayaan yang memberikan fasilitas berupa kredit. Apalagi uang muka rendah dan juga cicilan ringan.

Alhasil, orang yang mempunyai motor bisa dianggap golongan menengah ke atas. Walaupun ada yang memang kaya, mereka tak segan untuk membeli motor lebih mahal dengan kapasitas mesin di atas 100 cc.

Nah, mau tahu motor-motor apa saja yang sempat ngehits dengan mesin-mesin kecil, berikut beberapa jenis dan modelnya berdasarkan sejumlah sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Next

Honda C70

Sepeda motor jenis bebek berkapasitas mesin 70 cc ini sempat menjadi trensetter, dengan masa produksi antara 1980 – 1986.

Selain sangat keren, konon Honda C70 disebut-sebut sebagai salah satu kiblat motor klasik di Indonesia.

Seperti saat ini, Honda sangat ingin membuat produknya irit bahan bakar. Karena itu, C70 mengusung teknologi 4-Tak, lain halnya dengan Yamaha dan Suzuki yang eksis menggunakan teknologi 2-Tak.

Yamaha V80

Motor ini bisa jadi kakek buyut Yamaha dikelas bebek, bersama Yamaha V50 dan Yamaha V70. Yamaha V80 dibuat dengan rentan waktu 1982-1986

Yamaha V80 memiliki dimensi disematkan mesin 2 tak, silinder tunggal, berkapasitas 79 cc yang dikawinkan melalui sistem transmisi manual tiga percepatan.

3 dari 6 halaman

Next

Yamaha Alfa

Selain itu, Yamaha juga memiliki salah satu motor yang cukup popular. Ya, dia adalah Yamaha Alfa dengan mesin 100 cc, dan dibuat antara 1988 – 1992.

Yamaha Alfa disebut menjadi pendongkrak bebek 2-Tak bagi perusahaan tersebut. Tak heran kehebatan motor ini cukup diacungi jempol, karena paling banyak digunakan di berbagai pelosok di Indonesia.

Suzuki RC 100 Sprinter

Motor yang satu ini merupakan varian dari RC Series. RC Series tipe pertama yang dibuat yakni Suzuki RC80 pada 1982-1986.

Suzuki RC 100 Sprinter adalah generasi kedua Suzuki RC yang lahir tahun 1988. Motor bermesin 2-Tak berkapasitas 100 cc ini merupakan bebek bertipe ayam jago pertama di Indonesia.

4 dari 6 halaman

Next

Honda Win

Motor Lurah, begitulah sebutan motor yang dibuat pada 1984 – 2005. Meski termasuk jenis sport karena menggunakan tangki depan, namun kapasitas mesin motor ini hanya 100 cc dengan teknologi 4-Tak.

Motor ini cukup populer di jamannya, karena ketangguhan yang bisa dilaju motor tersebut.

Yamaha Crypton

Motor bebek yang satu ini juga tak kalah tenar, diproduksi pada tahun 1997 – 1999, Crypton dibuat dengan kapasitas mesin 100 cc 4-Tak.

Yamaha Crypton merupakan penyegaran dari Yamaha Alfa dan Force 1 yang kala itu masih menggunakan teknologi mesin 2-Tak.

Motor ini juga menjadi cikal bakal lahirnya generasi Yamaha Vega, yang hingga kni masih bertahan.

5 dari 6 halaman

Next

Yamaha Sigma

Motor ini pada dasarnya masih keluarga Yamaha Vega Series dan reinkarnasi dari Yamaha Alfa IIR. Motor yang lahir pada 1997 ini telah dibenamkan mesin 100 cc 2-Tak.

Namun sayang, motor Sigma kalah pamor dengan motor Yamaha F1Z dan Force1.

 

Honda Astrea

Motor ini memiliki nenek moyang dari Honda Astrea 800 yang lahir 1985. Kemudian ada juga Astrea Star yang dibuat pada 1986.

Setelah beberapa tahun, tepatnya pada 1995 lahirlah generasi Astrea Impresa, kemudian disusul Astrea Grand pada 1997 dengan kapasitas 100 cc - 4-Tak.

Masuk era 2000 atau tepatnya pada tahun 2002, nama Astra diganti menjadi Legenda.

6 dari 6 halaman

Next

Honda Monkey

Motor yang satu ini mungkin yang masih bertahan. Dengan mesin 49 cc berpendingin udara, motor mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual empat langkah.

Honda Monkey juga beberapa waktu lalu hadir dengan edisi special yang disebut Monkey 50th Anniversary. Ya, edisi ini menandakan kelahiran Honda Monkey.

Namun di Indonesia, Honda Monkey dijual melalui Importir Umum, yang tentunya harganya bisa puluhan juta.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.