Sukses

TVS Kantongi Hak Paten Motor Hybrid

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan motor asal India, TVS, dikabarkan sudah mendapatkan hak paten teknologi hybrid untuk sepeda motor. Teknologi ini memungkinkan sepeda motor memiliki dua unit penggerak, yaitu mesin listrik dan bensin.

Disitat Business Standard, Senin (8/5/2017), pengajuan teknologi hybrid dari TVS ini sejatinya sudah diajukan pada 2008 lalu. Namun, saat pengajuan sembilan tahun lalu, fitur hybrid masih sekedar teknologi belum diwujudkan dalam sepeda motor.

Namun, dua tahun kemudian TVS memperlihatkan sepeda motor berteknologi hybrid terbarunya, Qube di ajang Delhi Auto Expo. Model prototipe tersebut, menggabungkan mesin konvensional milik TVS Scoopy Pep dan dipadu dengn motor listrik.

Setelah itu, motor hybrid TVS ini juga kembali dipamerkan pada 2012, dengan tambahan mesin berkapasitas 109,7 cc. Setelah itu, pada 2014 kembali diperkenalkan di ajang Auto Expo berbarengan dengan hub yang terpasang di motor listrik.

Untuk kapasitas baterainya, lengkap mulai baterai berukuran 500 Wh dengan unit lithium ion 150 Wh. Berat bobot motor hanya 108 kg, dengan top speed yang ditentukan 75 km/jam.

Selain itu, TVS Qube hybrid ini diklaim mampu mengurangi 30 persen emisi karbon, dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar sebesar 30 persen dari skuter konvensional.

Artikel Selanjutnya
Honda Modif Contest Bergulir di Bandung
Artikel Selanjutnya
Honda Revo, Motor Bebek Paling Laris